Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) konsisten untuk terus menggali dan mengembangkan dan membahas kearifan lokal dan budaya sebagai bagian dari upaya institusi  untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan bangsa. 

Hal itu disampaikan Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP saat membuka kegiatan Seminar Nasional Adat Berpantun Cerminan Budaya Santun secara virtual di Ruang Serbaguna UISU Jalan SM Raja Medan, Kamis (29/4).

Baca juga: Pramuka UISU laksanakan Gema Ramadhan di Desa Pematang Kwala

Kegiatan seminar itu diselenggarakan merupakan kerjasama UISU dengan Klinik Pantun Nusantara dan Balai Pantun Singapura yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom. 

"Hidang susu nimpan tembaga,  susu nikmat roti srikaya, bukan UISU sembarang lembaga, UISU berkhidmat julang budaya,”ucap Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP gelar Datuk Widyanata Arif berpantun dalam sambutannya.

Hal itu merupakan bentuk penegasan dan konsistensi UISU terhadap kegiatan yang terus menggali tentang budaya dan kearifan lokal guna melestarikan sejarah, budaya dan kearifan lokal di tengah-tengah masyarakat. 

Rektor berharap kegiatan seminar yang dilaksanakan itu dapat memberikan semangat baru kepada masyarakat, khususnya civitas akademika UISU untuk terus menggali dan mengangkat potensi dan kearifan lokal. 

“Pantun yang merupakan kebiasaan dan gaya hidup masyarakat Melayu dan kemudian telah ditetapkan UNESCO menjadi warisan tak benda. Atas apresiasi ini sebagai masyarakat Melayu kita harus mampu senantiasa mengangkat dan membudayakan pantun dalam kehidupan masyarakat shari-hari,”ujar Rektor. 

Dalam konteks itu, UISU bersama Klinik Pantun Nusantara dan Balai Pantun Singapura telah berperan dengan melaksanakan seminar Adat Berpantun Cerminan Budaya Santun. 

Bahkan kata Rektor, kegiatan seminar berkaitan dengan pantun rencananya akan kembali digelar dengan melibatkan negara serumpun (ASEAN) pada bulan Mei mendatang.

Dalam kegiatan seminar itu juga dirangkai penandatanganan MoU Balai Pantun Singapura dengan Universitas Islam Sumatera Utara, MoA Klinik Pantun dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dan MoA Klinik Pantun dengan Lembaga Penelitian Universitas Islam Sumatera Utara. 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021