Dalam rangka kegiatan Dakwah Islamiyah dan Pengabdian Masyarakat, Gudep 10.487-10.488 Pramuka UISU melaksanakan kegiatan Gema Ramadhan 1442 H di Desa Pematang Kwala Kecamatan Teluk Mengkudu Serdang Bedagai yang akan berlangsung selama 4 hari (22-25 April). 

Pembukaan kegiatan Gema Ramadhan 1442 H itu berlangsung di Kantor Desa Pematang Kwala dan langsung dihadiri Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP beserta Ketua Pembina Gudep 10.487-10.488 Pramuka UISU Ir. H. Haris Nasution, MT, Ketua LPKM UISU Dr. Rahmat Setiabudi, Kepala Desa Pematang Kwala Ramlan serta aparatur desa dan anggota Pramuka UISU, Kamis (22/4) sore.

Baca juga: Kemendikbud percayakan UISU sebagai pelaksana Pendidikan Profesi Guru

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP  dalam sambutannya mengatakan sangat bersyukur dan bangga dengan adanya kegiatan itu. 

Ia mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Pramuka UISU sekaligus mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Pematang Kwala yang telah memberikan support dan membantu hingga kegiatan Gema Raamdhan 1442 H dapat dilaksanakan.

Kegiatan Gema Ramadhan 1442 H merupakan implementasi dari MoU antara Rektor UISU dan Bupati Serdang Bedagai yang telah ditandatangani beberapa waktu lalu. 

"Ini adalah kali keempat saya hadir dalam rangka kegiatan pengabdian di Desa Pematang Kwala, karena desa ini merupakan Desa Mitra UISU,”ujarnya. 

Sebelumnya, Rektor UISU hadir pertama kali dalam rangka program penanaman bakau  dan dilanjutkan dengan program pemberian bantuan dari pemprov Sumut yang disalurkan melalui UISU serta kegiatan pelatihan pemanfaatan/daur ulang sampah menjadi arang.

Kepada mahasiswa UISU yang tergabung dalam Pramuka, Rektor berharap agar memanfaatkan peluang dan kegiatan Gema Ramadhan semaksimal mungkin untuk bisa berkontribusi kepada masyarakat di Desa Pematang Kwala. 

"Seluruh mahasiswa yang mengikuti kegiatan Gema Ramadhan tetap menjaga kesehatan dan melaksanakan protkol kesehatan sesuai anjuran pemerintah," katanya. 

Sementara itu, Kepala Desa Pematang kwala Ramlan mengucapkan terimakasih kepada UISU yang sudah menjadikan Pematang Kwala menjadi desa mitra. 

Hal itu terbukti dengan banyaknya kegiatan UISU yang dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat di Desa Pematang Kwala. 

"Jika adik-adik membutuhkan bantuan atau apapun kami siap untuk memfasilitasi dan membantu agar kegiatan Gema Ramadhan 1442 H berjalan lancar,”tegasnya. 

Bahkan, lanjut Ramlan, desa-desa lain juga berharap dapat bekerjasama dengan UISU agar dapat melaksanakan kegiatan serupa. 

“Rencananya, tahun depan ada 12 Desa di Serdang Bedagai yang berharap agar UISU hadir untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat,”sambungnya.

Kegiatan pembukaan itu juga dirangkaikan dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Pramuka UISU dengan Kepala Desa Pematang Kwala tentang kegiatan Dakwah Islamiyah dan Pengabdian Masyarakat. 

Kemudian Rektor UISU juga menyerahkan paket bantuan masker dan hand sanitizer yang akan disalurkan kepada masyarakat.

Ketua Panitia Gema Ramadhan, Ade Yasa Inhaula menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan berbagai rangkaian kegiatan. 

"Acara pertama, kita akan melaksanakan pesantren kilat selama 3 hari, yaitu hari jumat, Sabtu dan Minggu,”ujar Ade yang juga mahasiswa FAI UISU ini. 

Selain itu, pihaknya juga akan melaksanakan perlombaan adzan, ceramah singkat shubuh hingga pengabdian masyarakat dalam bentuk pembersihan masjid.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021