Berdasarkan pantauan Sensor Modis Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi terdapat tiga titik panas (hot spot) di sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Utara.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari BBMKG Wilayah 1 Medan, Jumat, ketiga titik panas tersebut terpantau di tiga wilayah di Sumatera Utara yaitu di Kabupaten Mandailing Natal atau tepatnya di Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Padang Lawas tepatnya di Kecamatan Sosa dan di Kabupaten Padang Lawas Utara atau tepatnya di kecamatan Simangambat.

Sementara kondisi cuaca di Sumatera Utara siang hingga malam hari berpotensi hujan ringan hingga sedang, dan dini hari berawan-hujan ringan di sebagian wilayah lereng Barat.

Baca juga: BMKG: Gempa Sabang disebabkan aktifitas sesar aktif

Suhu udara 24.0-31.0 derajat C, kelembapan udara 60-95 persen dan angin berhembus dari Barat Daya- Timur Laut dengan kecepatan 5-30 km/jam.

Prakiraan gelombang laut di perairan Meulaboh-Sinabang, Perairan Nias- Sibolga kategori sedang dengan ketinggian 1.25-2.5 meter.

Perairan utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh, Samudera Hindia Barat Nias masuk kategori tinggi dengan ketinggian mencapai 2.5-4 meter.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021