Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mendeteksi terdapat tujuh titik panas (hot spot) di sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Utara.

Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan sehari sebelumnya yang terpantau ada sembilan titik hot spot.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari BBMKG Wilayah 1 Medan, Kamis,, menyebutkan ketujuh titik panas yang terpantau hari ini tersebar di empat kabupaten.

Yakni di Kabupaten Deliserdang satu titik, Mandailing Natal satu titik, Padang Lawas Utara dua titik dan Tapanuli Selatan tiga titik.

Baca juga: Januari-April 2021, BMKG catat 61 getaran gempa di Kepulauan Nias

Sementara terkait cuaca, BMKG mengingatkan akan potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir di sejumlah wilayah di Sumatera Utara.

Potensi hujan disertai angin kencang tersebut dapat terjadi di wilayah lereng timur, pegunungan, lereng barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Sementara suhu udara 24.0 – 32.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen, angin berhembus dari Barat Daya– Timur Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Prakiraan gelombang laut di perairan utara Sabang, Selat Malaka bagian utara, Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh, Perairan Nias-Sibolga, Samudera Hindia Barat Nias masuk dalam kategori sedang yang dapat mencapai 1.25 - 2.5 meter.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021