Kesetaraan (keadilan) Gender yang diterapkan PT Agincourt Resources (AR) pengelola Tambang Emas Martabe boleh jadi sebagai pilot project bahkan role model bagi perusahaan-perusahan Tambang lain yang ada. 

Bukan tidak beralasan. Direktur Operasional PT.AR Darryn McClelland sampaikan di Hari Kartini Rabu 21 April 2021 secara virtual menyatakan sikap manajemen perusahaan yang konsisten menerapkan kebijakan keberagaman gender. 

Dimana sejak 21 April 2016-2021 sikap PT AR terhadap keberagaman gender telah memberi banyak manfaat di antaranya keluasan ide untuk mendukung penyelesaian masalah, kesempatan berinovasi dan peningkatan kualitas personal terhadap perusahaan.

Baca juga: Tambang Emas Martabe kembali berbagi pengetahuan teknologi terkini di Industri Pertambangan kepada Mahasiswa

Tambah memberi akses luas untuk menjaring bakat-bakat potensial rekrutmen karyawan dan pengembangan presfektif yang berbeda di lingkungan kerja. PT AR menyadari pentingnya keberagaman untuk mengembangkan respon cepat dan inovatif terhadap tantangan ke depan.

Bahkan PT AR tidak mempersoalkan kuantitas (seberapa banyak jumlah karyawan perempuan) akan tetapi manajemen perusahaan memberi kesempatan yang sama setiap gender untuk dapat mengaktualisasikan dirinya agar lebih berkualitas dan professional dan berdaya saing sesuai kemampuannya.

Oleh karena itu, konsistensi penerapan keberagaman gender lebih kurang 25 persen tenaga perempuan telah menambah kekuatan PT AR sebagai sebuah perusahaan dan organisasi yang mengalami kemajuan pesat yang luar biasa saat ini. 

"Sukses di Martabe tidak memandang gender, begitu juga masa depan. The future has no gender. Karena semua memiliki kesempatan yang sama baik porsi kontribusi juga untuk keluarga maupun perusahaan," sebut Darryn. 

Sebagaimana diketahui posisi kartini-kartini Martabe berbagai jenis pekerjaan pria yang dapat dikerjakan kaum hawa mulai dari mengoperasikan Manhaul (truk besar angkut material tambang), Lingkungan serta tingkat jabatan lain sebagainya.

Tanpa mengurangi kodratnya "Kartini-kartini" Martabe dinilai mampu menunjukkan eksistensinya ditengah keadilan gender dan menambah energi suksesnya perusahaan hingga saat ini walau dimasa badai COVID-19.

Patut menjadi contoh bagi perusahan-perusahan (pertambangan) lain. Ini yang tidak lepas atas perjuangan hebat RA Kartini dalam emansipasi perempuan memperjuangkan kesetaraan gender. Selamat Hari Kartini!

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021