Manajemen PT Kereta Api Indonesia Divre I Sumut melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap 300 karyawan untuk mencegah penyebaran virus corona dan meningkatkan kepercayaan calon penumpang.

"Vaksinasi COVID-19 sudah dilakukan bertahap mulai level manajemen hingga pelaksana di bidang operasional, administrasi, dan frontliner yang berdinas di lapangan," ujar Vice President PT KAI Divre 1 Sumut, Daniel Johannes Hutabarat, di Medan, Kamis. 

Dia mengatakan itu usai kegiatan vaksinasi bekerja sama dengan dinas kesehatan di Stasiun Kereta Api Medan. 

Baca juga: Jumlah penumpang kereta api Sumut pada Januari lampaui target

Daniel Johannes Hutabarat menegaskan bahwa vaksinasi yang diikuti oleh 300 pegawai KAI itu merupakan wujud nyata upaya pencegahan COVID-19 di internal pegawai KAI, termasuk sebagai dukungan program pemerintah mencegah penyebaran virus itu serta sekaligus meningkatkan rasa aman dan nyaman kepada calon penumpang KA. 

Sebelum di Stasiun KA, KAI sebelumnya telah melakukan vaksinasi di beberapa kota/kabupaten yang memiliki operasional KA. 

"Dengan vaksinasi COVID-19, KAI berharap dapat memberikan pelayanan yang aman dan sehat kepada masyarakat yang menggunakan transportasi KA," ujar Daniel.

Daniel menyebutkan, sebelum vaksinasi, manajemen KAI juga sudah melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 itu di lingkungan KAI, mulai dengan pemberian alat pelindung diri  berupa masker, handsanitizer, faceshield, sarung tangan, serta penyemprotan disinfektan secara rutin di area kerja.

Kemudian, penyinaran ruang kerja dengan sinar UV, screening frontliner dengan tes antigen, pelaksanaan self assessment, medical check up, pembagian vitamin, dan pengaturan work from home (WFH) bagi pegawai khususnya pegawai administrasi kantor. 

"Penerapan protokol kesehatan juga dilakukan ketat bagi tamu eksternal yang akan masuk di lingkungan kantor seperti harus membawa hasil negatif tes antigen/Swab PCR negatif dan mematuhi protokol kesehatan. Manajemen terus berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk bisa melakukan vaksinasi terhadap seluruh karyawan KAI dan anak perusahaan," katanya.
 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021