Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Prof Dr H Syahrin Harahap, MA mengisi seminar terkait mewujudkan moderasi beragama dalam membangun Indonesia yang lebih maju. 

Prof Syahrin Harahap dalam seminar tersebut menyampaikan bahwa cara beragama sekarang ini harus dimoderasi lebih maju sehingga perguruan tinggi di IAIN Padangsidimpuan dapat menghasilkan generasi yang beradab dan moderat, katanya di IAIN Padangsidimpuan, Kamis (11/3). 

"Generasi dan alumni IAIN Padangsidimpuan juga harus menjadi laboratorium di tengah-tengah masyarakat sehingga ketika terjun ke masyarakat sudah siap," kata Prof Syahrin. 

Perguruan tinggi ini juga adalah laboratorium untuk menciptakan moderasi generasi yang unggul, mengingat IAIN Padangsidimpuan merupakan perguruan tinggi islam yang terbesar di Tapanuli Bagian Selatan. 

"Saya juga meminta kepada pemerintah daerah sekitarnya, baik itu di Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Mandailing Natal dan Kabupaten Tapanuli Selatan untuk memberikan perhatian kepada IAIN Padangsidimpuan, baik itu dalam SDMnya dan lainnya," kata Syahrin. 

Sementara itu Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof Ibrahim Siregar mengungkapkan bahwa proses IAIN Padangsidimpuan menuju UIN harus sejalan dengan kondisi yang ada sekarang, dan juga diharapkan dukungan dari semua pihak guna meningkatkan status IAIN Padangsidimpuan.

Turut hadir Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Ketua DPRD Padangsidimpuan Siwan Siswanto dan pejabat se Tapanuli Bagian Selatan. 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021