MTQ ke-XX Pemkot Padangsidimpuan dapat menjadi semangat umat muslim di tengah pandemi COVID-19 guna menggaungkan lantunan ayat suci Al-Quran di daerah kita ini. 

Demikian yang disampaikan Wali Kota Irsan Efendi Nasution di lokasi Musabaqoh Tilawatil Qur'an ke-XX tingkat Kota Padangsidimpuan di SMK Negeri 2, Jum'at (5/3). 

Wali Kota Irsan Efendi Nasution mengatakan, Al Qur'an rujukan sepanjang masa bagi umat Islam meneladani firman Allah SWT yang terkandung di dalamnya, adalah kunci sukses dunia dan akhirat jangan ada keraguan di dalam firman-firman tersebut semoga hal yang baik selalu dilimpahkan Allah SWT untuk masyarakat Kota Padangsidimpuan, ucapnya. 

"MTQ merupakan satu ikhtiar dalam menyebarkan syiar Islam, semoga MTQ yang terselenggara dengan sukses ditengah pandemi COVID-19 berharap mendapatkan keberkahan," harap Irsan.

Kakan Kementerian Agama Kota Padangsidimpuan Saripuddin Siregar menambahkan, MTQ juga sebagai ajang seleksi atau penilaian bagi para kafilah terbaik. Kemudian akan mewakili kota ini di Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat provinsi pada April nanti di Kota Pematangsiantar.

Tak luput dari lokasi, Ketua DPRD Padangsidimpuan Siwan Siswanto mengatakan, MTQ meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan Al Qur'an bagi pesertanya maupun masyarakat dan segenap pihak yang berpartisipasi di kegiatan ini.

"Hari ini hari baik dan berkah. Karena di tempat ini kita berkumpul bersama para ulama dan penghafal Qur'an maupin Hadist. Mari kita syukuri  nikmat ini," pesan Siwan.

Sementara itu dalam laporan Ketua Panitia  Asisten 1 Iswan Nagabe Lubis melaporkan, MTQ ini diikuti 196 orang peserta dari enam kafilah. Dengan rincian 33 dari kafilah Kecamatan Padangsidimpuan Utara sebagai tuan rumah. 

Kafilah Kecamatan Padangsidimpuan Selatan 30 orang, Padangsidimpuan Tenggara 33, Padangsidimpuan Batunadua 34, Padangsidimpuan Hutaimbaru 35 dan Padangsidimpuan Angkola Julu 31 orang.

Pada MTQ ke-XX ini ada tujuh cabang yang dilombakan. Yakni Tilawatil Qur'an, Hifzil, Fahmil, Syarhil, Hadist, Tafsir dan Khattil Qur'an. Adapun Dewan Hakim yang dilibatkan pada MTQ ini sebanyak 53 orang.

"Panitia dan peserta MTQ ke-XX berkomiten untuk menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat mulai dari Kamis (4/3) sampai Sabtu (6/3), ungkap Iswan Nagabe.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021