Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai, Sumatera Utara, berkomitmen meningkatkan sektor pariwisata dalam upaya meningkatkan perekonomian warga terutama di masa pandemi ini.

Plh. Bupati Serdang Bedagai H.M. Faisal Hasrimy di Seirampah, Selasa (23/2), mengatakan Kabupaten Serdang Bedagai memiliki potensi pariwisata yang masih perlu dimaksimalkan.

"Untuk itu sektor wisata ini harus terus dimaksimalkan," katanya.

Ia meyakini kalau potensi ini akan tergali maksmal jika setiap pihak yang terlibat di dalamnya dapat membentuk pola pikir yang berkesinambungan dalam mengelola sumber daya yang sudah ada, utamanya pada aspek packaging.

Baca juga: Sergai tingkatkan peran posko desa tangani COVID-19

Ia mengajak semua pihak berpikir untuk meningkatkan kualitas dari modal yang sudah dipunyai. Hal itu dapat dilakukan dengan melihat dan belajar dari banyak sumber dengan menerapkan prinsip ATM yakni amati, tiru dan modifikasi
.
Gubernur dan Wakil Gubernur, tambahnya, terus fokus dalam menggali potensi-potensi luar biasa dari wisata yang tersebar di Sumatera Utara.

"Maka dari itu, rasanya naif sekali kalau Pemda tidak ikut berinisiatif dalam mengemas pariwisata yang ada di daerah masing-masing," katanya.

Sementara Kasubbid Ekonomi, Bidang Perencanaan Ekonomi, Kemaritiman, dan SDA Bappeda Sumut Ika Hardina Lubis mengatakan sektor pariwisata Sumatera Utara mengalami penurunan yang sangat tinggi selama masa pandemi, bahkan mencapai persentase 90 persen lebih.

Menyikapi hal tersebut, Gubernur merasa perlu untuk dilakukan optimalisasi destinasi wisata unggul, penciptaan destinasi wisata baru dan penguatan desa wisata sebagai strategi percepatan pembangunan ekonomi Sumut.

Ada 8 indikator pembangunan desa wisata, yang merupakan salah satu prioritas di Sumut yaitu penyusunan masterplan, grand design dan DED, promosi wisata dan pelatihan SDM Pariwisata, Penataan Kawasan, Pelatihan UMKM dan promosi produksi UMKM.

Kemudia pelatihan IKM dan promosi produk IKM, pembentukan dan pendampingan BUMDes, pembangunan infrastruktur dasar, pelatihan dan pendampingan masyarakat seperti pemberian bantuan alat pertanian, pemberian bibit dan lain sebagainya dan terakhir penataan lingkungan hidup.

"Di Serdang Bedagai sendiri ada 3 destinasi Desa Wisata utama yaitu di Pulau Berhala, Desa Melati II dan Kampung Nipah di Desa Sei Nagalawan. Nah potensi ini harus dimaksimalkan," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021