Hadir di Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Prof Dr Muhammad Ali Ramdhani sampaikan materi seminar Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. 

Dalam materi seminar yang disampaikan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Prof Muhammad Ali Ramdhani di IAIN Padangsidimpuan mengatakan, Sabtu (20/2)  hari ini kita akan mendengar informasi tentang kebijakan pendis yang terkait diktis, dan bagaimana dan apa yang dilakukan IAIN yang akan menjadi UIN. 

Bagaimana merumuskan relevansi prodi dan kurikulum apa yang menjadi sinergitas dengan program pemerintah terutama bagaimana prodi-prodi agama ini bisa menjadi instrumen
pemersatu bangsa, kata Ali. 

Lebih lanjut beliau menjelaskan kita memiliki tugas yang sama bersama perguruan tinggi lain yaitu menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing untuk sebuah bangsa yang modern, hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama terutama dirjen pendis, tegasnya. 

Transformasi pendidikan sekarang ini harus sinergis dengan baik sehingga di IAIN Padangsidimpuan banyak memunculkan guru besar Islam dari Tapanuli Bagian Selatan, kata Dirjen

Sementara, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang yang bersama dalam kunjungan Dirjen Pendis mengatakan bahwa, intinya DPR RI mendukung sistem pendidikan Islam yang lebih baik, serta sekarang ini dan saya tegaskan bahwa mendukung peningkatan status IAIN Padangsidimpuan menjadi Universitas Negeri Islam (UIN), kata Marwan. 

Kemudian Marwan menginginkan bahwa, transformasi pendidikan dari IAIN Padangsidimpuan ke UIN sepenuhnya kita dukung, harap Marwan. 

Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof Ibrahim Siregar, berharap dengan proses yang sekarang sedang dikerjakan menuju UIN mendapatkan dukungan penuh dari seluruh pemangku kepentingan dan persetujuan proses tersebut, ucap Rektor. 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021