Masyarakat mengapresiasi pembukaan jalan baru sepanjang 6 kilometer penghubung antara Desa Loloana'a Lolomoyo dan Desa Gawu Gawu Bouso, Kecamatan Gunungsitoli Utara, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara melalui program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 110 Kodim 0213/Nias.

"Warga sangat mendukung dan memberikan apresiasi program. pembukaan jalan oleh TMMD 110 Kodim 0213/Nias," ucap Kepala Desa Loloana'a Lolomoyo Happy Krisman Niatman Jaya Zega saat ditemui di Desa Loloana'a Lolomoyo, Selasa.

Baca juga: AL bunuh putri kepala desa di Nias Selatan karena dendam

Menurut dia, dengan dibukanya akses jalan antara Desa Loloana'a Lolomoyo dan Desa Gawu gawu Bouso, warga desanya sangat terbantu dalam menjual hasil bumi seperti karet, kelapa dan lainnya.

Selain itu, jalan yang harus ditempuh oleh para pelajar sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang ada di Desa Loloana'a Lolomoyo jadi dekat.

"Biasanya warga saya membawa hasil buminya ke kecamatan harus menempuh jarak 4 samai 5 kilometer, namun dengan dibukanya jalan baru oleh TMMD maka jarak yang ditempuh menjadi singkat 1,5 kilometer," terangnya.

Begitu juga dengan para pelajar yang menempuh pendidikan di SD dan SMP Negeri 3 yang ada di desanya, dengan terbukanya jalan baru tersebut maka jalan yang sebelumnya ditempuh 4 sampai 5 kilometer tinggal 1,5 kilometer.

Dia juga berharap kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli, setelah jalan baru tersebut dibuka TMMD semoga cepat dilakukan pengerasan atau pengaspalan agar dapat segera dilalui warga.

Hal yang sama juga disampaikan Nuraini Zega salah seorang ibu rumah tangga yang ditemui di Desa Loloana'a Lolomoyo, dia mengatakan dengan dibukanya jalan baru tersebut, akses jalan bagi mereka untuk membeli keperluan rumah tangga ke Desa Sogawu Gawu menjadi dekat.

Menurut informasi yang diperoleh di lokasi pembukaan jalan, jalan yang telah dibuka saat ini sejak tanggal 2 Februari 2021.sudah mencapai panjang 1 kilometer.

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021