Gubernur Sumut, H Edy Rahmayadi menilai dan berharap sumber daya manusia (SDM) media massa harus berkualitas karena keberadaan pers sangat dibutuhkan.

"Tanpa pers atau media massa, bangsa ini tidak akan pernah maju karena fungsinya yang cukup besar sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial,," katanya di Medan, Selasa.

Gubernur Sumut mengatakan itu saat mengikuti dialog virtual dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 dari Rumah Dinas Gubernur Sumut.

Baca juga: PWI Tabagsel ikuti acara HPN 2021 secara virtual bersama Gubsu di Medan

Dalam acara HPN itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh dan perusahaan yang dinilai memberikan dukungan kepada PWI Sumut.

Oleh karena perannya cukup besar, katanya, .dibutuhkan SDM yang bagus atau orang terpilih/pilihan .

Apalagi, ujar gubernur, dalam bermedia dibutuhkan kepercayaan untuk menerima informasi dan memberikan informasi

Untuk membangun kehidupan, ujar gubernur, perlu komunikasi dua arah, sehingga wartawan dan media benar-benar dibutuhkan untuk kemajuan.

"Tanpa media massa, bangsa kita tak akan pernah maju," ujar gubernur.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah menegaskan, peran media massa terasa semakin sangat dibutuhkan saat pandemi COVID-19.

Dalam pandemi COVID-19, pemerintah perlu menyosialisasikan banyak hal termasuk untuk bagaimana bisa memulihkan ekonomi.

"Bagi saya dan Pemerintah Provinsi Sumut, media massa adalah mitra yang sinergitasnya harus terus ditingkatkan," katanya.

Ketua PWI Sumut, Hermansjah menyebutkan, peringatan HPN terus menjadi cemeti untuk mengingatkan media dan wartawan benar - benar menjalankan fungsinya dengan baik dan benar.

"Tantangan media massa dan wartawan dalam menjalankan fungsinya semakin berat sejalan dengan perkembangan teknologi informasi informasi yang cukup pesat dan era global dimana informasi tanpa batas," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021