Sumatera Utara dinilai menjadi salah satu daerah tujuan konsumen berlibur di akhir tahun 2020, selain  Surabaya, Bali, Makassar, dan Yogyakarta. 

"Kondisi itu terekam dari data yang menunjukkan sebanyak 79 persen dari total tiket pesawat yang dipesan melalui tiket.com untuk libur akhir tahun antara lain ke Medan,"ujar Co-Founder and Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa,  dalam acara virtual akhir tahun,  Rabu

Menurut dia, tiket. com memang menggelar program OTW Lokal 2020 dan berhasil mendongkrak transaksi harian pembelian tiket pesawat hingga hingga 60 persen dibandingkan seminggu sebelum program berlangsung. 

Baca juga: Seratus ribu benih nila ditabur di Danau Toba

Dia menjelaskan, 20 persen dari porsi total tiket pesawat yang terjual pada ajang OTW Lokal dibeli oleh masyarakat untuk liburan perayaan tahun baru hingga pertengahan Januari 2021.Sisanya untuk sepanjang bulan di 2021.

"Program OTW Lokal memberikan kontribusi delapan kali lipat untuk pembelian tiket pesawat bila dibandingkan dengan total transaksi keseluruhan pembelian  pada bulan-bulan sebelumnya, " katanya. 

Kondisi itu tentunya mendorong pemulihan dalam industri penerbangan dan industri pariwisata. 

Gaery Undarsa menjelaskan,  untuk data transaksi fitur Tiket To Do (TTD) dari pelanggan selama OTW Lokal juga naik cukup tinggi hingga 172 persen  dibandingkan seminggu sebelum program. 

Ada pun untuk top lima kota destinasi dengan obyek wisata populer dalam fitur Tiket To Do adalah Jakarta dan Banten, Jawa Barat, Sumatera, Bali, dan Jawa Timur. 

"Yang pasti, mayoritas transaksi pemesanan hotel diperuntukkan untuk menginap pada awal dan akhir Desember hingga pertengahan Januari," katanya. 

Tiket.com sebagai pioner Online Travel Agen (OTA) Indonesia, katanya, memang terus berupaya dan siap menjadi yang pertama membantu pemerintah membangkitkan pariwisata  dan menggerakan ekonomi nasional. 

Dia menyebutkan, untuk memudahkan pelanggan berlibur, tiket.com  memberikan uji swab antigen secara senilai Rp250,000  secara gratis untuk penumpang Citilink Indonesia dengan rute domestik. 

Serta diskon uji swab antigen untuk seluruh maskapai (kecuali Citilink) dengan rute dan tujuan yang memberlakukan aturan pengecekan swab PCR atau antigen dengan jadwal terbang 19 Desember – 8 Januari 2021. 

"Tiket.com juga memberikan asuransi perjalanan," katanya. 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020