PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara diharapkan dapat menghadapi masalah kelistrikan saat bencana alam terjadi dengan persiapan posko personel dan gudang logistik.

"Dalam satu bulan terakhir ini kondisi cuaca memang kurang bersahabat dan PLN UIW Sumut  perlu mewaspadai," kata Manajer Pengendalian Operasi Sistem Ditribusi PLN UIW Sumut, Haryadi, dalam keterangannya di Medan, Selasa.

Ia menyebutkan, personel PLN UIW Sumut sudah siap menghadapinya terutama terkait langkah awal mengisolir dahulu untuk pengamanan terhadap jiwa manusia jika terjadi bencana, dan selanjutnya ke suplai listrik.

PLN juga telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk kesiapan jika terjadi banjir dan sebagainya.

"Seperti kejadian kemarin, bencana banjir di perumahan De Flamboyan dan Medan, kami tetap berkoordinasi dengan BPBD. Nanti jika terjadi bencana, mungkin paling cepat memutuskan aliran listriknya dulu, namun semoga Natal 2020 dan Tahun Baru 2021," ujar Haryadi.

Sementara itu, PT PLN UIW Sumut menyiagakan 237 posko dengan 2.929 personel dan 48 pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB) saat Natal 2020 serta Tahun Baru 2021.

Saat memasuki masa siaga, PLN UIW Sumut tidak lagi melakukan kegiatan pemeliharaan listrik yang menyebabkan pemadaman, dan kecuali ada terjadi gangguan. Semoga dengan kesiagaan PLN, masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan khidmat dan terlaksana dengan baik.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020