Pasangan calon bupati dan wakil bupati Asahan nomor urut 2, H Surya BSc - Taufik Zainal Abidin ditetapkan KPUD  sebagai peraih suara terbanyak di Pilkada Asahan tahun 2020. 

Penetapan tersebut dinyatakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Asahan dalam rapat pleno yang digelar di Hotel Sabty Garden Kisaran, Kamis(17/12), dihadiri Bawaslu, saksi paslon serta seluruh PPK.

Melalui rapat pleno yang digelar selama 2 hari tersebut, pasangan Surya Taufik memperoleh 139.005 suara atau 45,1 %, pasangan Nurhajizah-Henri 101.124 suara atau 32,8 % dan terakhir Rosmansyah-Winda 67.985 suara atau 22,1%.

Baca juga: Bupati Asahan minta rekapitulasi pilkada harus transparan

Ketua KPU Asahan, Hidayat mengucapkan terima kepada semua pihak yang telah mendukung acara rekapitulasi hasil perhitungan suara dan penetapan hasil pemilihan Bupati Asahan dan wakil Bupati.

Jaringan demokrasi Indonesia  Asahan, Linda Sari Agustina memberikan apresiasi rekapitulasi berjalan lancar. Dan dinilai dalam rekapitulasi tidak ada persiapan yang signifikan. " Saya nilai semua berjalan sesuai dengan persedur," ucap Linda.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020