Kabupaten Langkat meraih penghargaan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Award Tahun 2020 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dengan kategori penyediaan akses keuangan terbaik tingkat nasional, satu-satunya perwakilan Sumatera Utara.

Penghargaan itu, disampaikan oleh ketua OJK pusat Prof Wimboh Santoso pada acara Rakornas TPKAD Award tahun 2020 secara virtual dari Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (10/12).

Dimana Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin menerima penghargaan secara virtual dari Desa Raja Tengah Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat.

Baca juga: Kemenag Langkat bantu warga korban banjir Sei Lepan

Disaksikan langsung Presiden RI Joko Widodo dari Istana Negara, Jakarta, Serta Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, provinsi dan kabupaten kota penerima penghargaan secara virtual.

Bupati Langkat Terbit Rencana mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan sebagai satu–satunya kabupaten dari Sumatera Utara yang menerima TPAKD Award 2020 tingkat nasional.  

Ia juga meyakini penghargaan ini akan menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan Langkat, sesuai visi misi.

“Allhamdulilah, dari enam kabupaten/kota se Indonesia penerima penghargaan TPAKD Award, Kabupaten Langkat menjadi salah satunya perwakilan di Sumatera Utara," katanya.

Pada kesempatan itu Presiden mengucapkan selamat kepada provinsi dan kabupaten/kota penerima Award dan mengapresiasi TPKAD yang telah ikut serta.

Kemudian Presiden mengajak para kepala daerah, melakukan beberapa hal meningkatkan kemajuan untuk daerah yakni, penguatan infrastruktur yang agresif, peningkatan di bidang pertanian dan kelauatan.

Kepala OJK menerangkan ada 33 provisi dan 91 kabupaten/kota yang masuk dalam nominasi TPKAD Award 2020.

Sedangkan Provinsi penerima Award hanya empat yaitu Sulawasi Selatan, Jawa Tengah, Jambi dan Sumatera Utara. Untuk kabupaten/kota ada enam yakni Kota Malang, Kabupaten Kabumen, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Langkat, selebihnya adalah pendatang baru, yakni Kabupaten Selayar dan Purba Lingga.

“Penerima penghargaan dari masing–masing kategori yang berbeda,” sebutnya.

Sembari menjelaskan, keberadaan TPKAD sangat penting dalam kemajuan daerah, sebab dapat mendorong peningkatan pendapatan daerah, sehingga meningakatkan ekonomi, terlebih pada masa new normal akibat COVID-19.

“Jadi TPKAD memiliki fungsi penting untuk keuangan yang kondusif di daerah,” ungkapnya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020