Bupati Labuhanbatu Selatan, Wildan Aswan Tanjung mengharapkan Pemilihan kepala daerahn tahun 2020 berjalan lancar, aman, dan damai. 

Harapan itu disampaikan Wildan usai menggunakan hak pilihnya di TPS 001 Desa Hadundung, Kecamatan Kotapinang, Rabu (9/12) pagi.

Dia berharap masyarakat mengunakan hak pilih, sehingga partisipasi pemilih pada suksesi kepala daerah ini meningkat dari Pilkada maupun Pemilu sebelumnya. 

Baca juga: Pilkada Labusel, Hasnah-Kholil dan Edimin-Fadli bersaing

"Semoga partisipasi masyarakat meningkat dibanding pemilihan sebelumnya," ungkapnya.

Bupati Labuhanbatu Selatan, Wildan Aswan Tanjung menggunakan hak pilih bersama istri, Hasnah Harahap, yang merupakan calon bupati nomor urut 3 berpasangan dengan Kholil Jufri Harahap.

Bupati yang mengenakan stelan batik berwarna hijau dan Hasnah Harahap memakai baju berwarna hijau tiba di TPS sekira pukul 07.30 WIB. 

Setelah mencuci tangan dan diukur suhu tubuh oleh petugas, mereka kemudian mengisi daftar hadir, lalu menggunakan hak suaranya.

Sementara itu, calon bupati nomor urut 1, Nurdin Siregar menggunakan hak pilih di TPS 22 Lingkungan Kalapane, Kelurahan Kotapinang, Kecamatan Kotapinang. Ia bersama istri datang ke TPS tersebut sekira pukul 10.00 WIB.

Sebelum mencoblos, Nurdin dan istri harus mengikuti serangkaian protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Di tempat berbeda, calon bupati nomor urut 2, Edimin bersama istri dan anaknya mencoblos di TPS 11 Desa Tanjung Medan, Kecamatan Kampungrakyat, tidak jauh dari kediamannya.

Usai menggunakan hak pilih, Asiong sapaan akrabnya, menyempatkan diri bercengkarama dengan masyarakat yang berada di tempat itu.

Hal senada juga dilakukan calon bupati nomor urut 4, Mangayat Jago Ritonga. Ia beserta keluarga menggunakan hak suaranya di TPS 13 Cikampak, Desa Aek Batu, Kecamatan Torgamba.

Sedangkan calon bupati nomor urut 5, Maslin Pulungan, mencoblos di TPS 24, Lingkungan Kalapane, Kelurahan Kotapinang, Kecamatan Kotapinang. Ia datang ke TPS bersama keluarga dan sejumlah pendukung.

Ketua KPU Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Efendi Pasaribu mengatakan, saat ini proses penghitungan suara di TPS hampir rampung.

Terkait kendala-kendala dalam proses pemungutan suara, ia mengaku ada beberapa hal yang terjadi di beberapa TPS, seperti kepatuhan pemilih berkerumun di sekitar TPS dan tidak membawa alat tulis sendiri.

Selain itu lanjut dia, untuk proses pemungutan suara sendiri, masih ditemukan persoalan pemilih yang tidak terdaftar di DPT.

Meski demikian lanjutnya, karena yang bersangkutan membawa e-KTP, maka pemilih tersebut tetap dapat menggunakan hak pilihnya dari pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB. 

"Ada juga temuan kita pemilih yang lupa membawa C-Pemberitahuan, tetapi karena yang bersangkutan sudah terdaftar dalam DPT dan juga membawa e-KTP atau Suket, tetap kita berikan pelayanan untuk menggunakan hak pilihnya," ungkapnya.

Disinggung mengenai partisipasi pemilih, Efendu mengatakan, angka pastinya masih menunggu hasil salin formulir model C. Namun, jika melihat kondisi di beberapa TPS, partisipasi pemilih diperkirakan lebih dari 70 persen.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020