Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mendistribusikan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan dua hari menjelang pelaksanaan meliputi kotak suara dan alat kelengkapan di tempat pemungutan suara (TPS) ke 151 kantor kelurahan.

Pendistribusian tersebut secara simbolis dilepas oleh Pelaksana tugas Wali Kota Medan diwakili Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman dan Ketua KPU Kota Medan Agussyah Damanik di Gedung Andromeda Eks Bandara Polonia Medan, Senin.

"Harapan kita mudah-mudahan pendistribusian logistik Pilkada Kota Medan hari ini bisa berjalan lancar. Tidak ada permasalahan, dan seluruh logistik bisa sampai dengan selamat, tanpa ada kerusakan atau kendala apapun. Selain itu, atas nama Pemkot Medan saya meminta kepada aparat keamanan sudah melakukan pengawalan pendistribusian logistik tersebut", kata Wiriya.

Sekda juga berharap agar warga Kota Medan dapat memberikan suaranya dalam pemilihan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan tahun ini dengan hadir ke TPS di lingkungan masing-masing untuk menggunakan hak pilihnya.

"Karena pelaksanaan pilkada di tengah pandemi COVID-19, maka kita minta agar seluruh warga sebagai pemilih dapat menaati protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona," tegas Sekda Wiriya. 

Ketua KPU Kota Medan Agussyah Damanik menjelaskan, seluruh kotak suara sebanyak 4.303 unit akan didistribusikan ke 151 kelurahan se-Kota Medan dengan menggunakan 'truk box'. Pendistribusian ini dilakukan secara bertahap sampai  Selasa (8/12).

"Seluruh kotak sudah tiba di lokasi penyimpanan di masing-masing kantor kelurahan. Kemudian, Rabu (9/12) pagi, dikirim TPS di mana satu kotak suara satu TPS," katanya.

Ia menjelaskan, pendistribusian logistik Pilkada Kota Medan ini sudah dilaksanakan sejak pekan lalu, yakni Sabtu (5/12) pengiriman bilik suara, dan Ahad (6/12) pengiriman alat pelindung diri (APD). 

"Hari ini kita distribusikan seluruh kotak suara dan alat kelengkapan TPS. Selain kotak suara yang dilapisi plastik, dan dalam pendistribusian logistik ini juga dikawal oleh aparat keamanan," ungkap Agussyah.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020