PT Tirta Sibayakindo AQUA merupakan produsen air minum kemasan melakukan peletakkan batu pertama untuk pembangunan jamban sehat di Desa Semangat Gunung Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara.

"Program ini, bertujuan meningkatkan kesadaran warga agar tidak buang air besar sembarangan lagi. Apalagi Desa Semangat Gunung merupakan kawasan objek wisata, dan setiap pekannya ribuan wisatawan datang berkunjung," terang Manajer SR-CSR PT Tirta Sibayakindo, Esron Siringo-ringo di Berastagi, Karo, Sumatera Utara, Minggu (6/12). 

Baca juga: Tirta Sibayakindo dan PGE Area Sibayak monitoring Bersama Stakeholders Pelatihan Kerajinan Bambu

Ia mengaku, pihak ingin menyukseskan program Kementerian Kesehatan melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 3 tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, dan sekaligus mendukung upaya Pemkab Karo dalam pengembangan objek wisata agro.

Dengan terwujudnya masalah stop buang air besar sembarangan (BABS) yang merupakan salah satu pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), maka diyakini bakal menurunkan tingkat penularan penyakit di tengah masyarakat.

Seperti diketahui, peletakan batu pertama jamban sehat di Desa Semangat Gunung dihadiri kepala desa, Camat Merdeka, Puskesmas Merdeka, Bintara pembina desa (Babinsa), dan Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) setempat.

Dalam acara ini juga dilakukan serah terima material secara simbolis dari PT Tirta Sibayakindo kepada kepala desa dan dari kepala desa ke masyarakat setempat.

"Stop BABS dapat mencegah stunting (kekerdilan) di Semangat Gunung. Belum lagi, jika wisatawan melihat masih banyak kotoran di desa ini, pasti tidak enak dipandang mata," terang Esron.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020