Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Serdang Bedagai beberapa waktu yang lalu mengakibatkan sejumlah jembatan rusak. Salah satunya jembatan gantung yang menghubungkan dusun XI Desa Marjanji dengan dusun I Desa Buluduri di Kecamatan Sipispis.

Kepala Dusun XI Desa Marjanji, Rijal Saragih, Rabu (2/12), mengatakan jembatan gantung ini dibangun sejak lama, menggunakan kayu, kawat dan besi swadaya masyarakat, namun karena banjir kondisinya sekarang rusak parah dan tidak bisa lagi dilalui masyarakat.

"Kami minta ini diperbaiki, kalo bisa dijadikan jembatan permanen, karena kalo gak lewat sini, kami terpaksa menggunakan rakit ataupun harus keliling menempuh jarak 6 kilometer lebih untuk ke seberang sungai," ungkapnya. 

Hal yang sama diungkapkan warga Dusun I Desa Buluduri, Parno. Ia mengatakan jembatan ini akses satu-satunya bagi warga untuk mengangkut hasil pertanian atau perkebunan. Selain itu juga sebagai akses anak sekolah dan masyarakat umum.

"Kami mohon diperbaikilah, karna kalo keliling melalui Ancol, makan waktu dan habis minyak," katanya.

Bahkan akibat jembatan yang rusak, ada warga yang hampir celaka. "Kemarin ada yang hampir jatuh karena kondisi jembatan yang rusak ini," tambahnya.

Sementara itu, calon Bupati Sergai nomor urut 1 Haji Darma Wijaya saat melihat kondisi jembatan mengatakan rusaknya jembatan ini akibat banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Program prioritas kita adalah perbaikan infrastruktur, baik itu jalan, jembatan dan irigasi. Jika diberi amanah kita akan prioritaskan jembatan penghubung antardesa ini, selain itu juga kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan," jelas pria yang akrab disapa Wiwik ini.

Bahkan calon bupati "Dambaan" ini mengungkapkan, jika jembatan ini rusak atau bahkan terputus maka akses masyarakat juga terganggu. "Jembatan ini harus diperbaiki, jika putus maka akses menjadi lumpuh dan kesejahteraan masyarakat terancam, karena ini jembatan digunakan masyarakat untuk mencari nafkah mengangkut hasil pertanian atau perkebunan warga," tandasnya.

Peninjauan jembatan ini juga dirangkai dengan pemberian bantuan dana untuk membeli kayu, kawat dan bahan bangunan lainnya untuk perbaikan jembatan.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020