Enam usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Sumatera Utara menerima penghargaan Produktivitas Siddhakarya tingkat provinsi tahun 2020 dari Pemerintah Provinsi Sumut di Medan, Senin (30/11).

Penghargaan Good Perfomance diterima empat pengusaha kecil yakni PT Usaha Suka Maju di Tapanuli Utara yang memproduksi pengolahan kopi.

Kemudian Donita Food dari Deli Serdang dengan jenis usaha bakery, LPK Anugerah, usaha tenun ulos dari Pematang Siantar, dan Samfood dengan usaha bidang pengolahan mie dari Pematang Siantar.

Ada pun dua usaha menengah lainnya menerima penghargaan kualifikasi Emerging Leader masing -masing Mawar Bakery and Cake Shop dengan jenis usaha bakery dari Medan dan UD Harum Manis dengan jenis usaha pengolahan roti dari Tebing Tinggi.

"Penghargaan diharapkan memicu semangat pengusaha untuk bisa lebih maju," ujar Sekda Provinsi Sumut, R Sabrina yang memberikan penghargaan itu mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Apalagi, kata Sabrina, enam perusahaan penerima penghargaan itu akan bertanding di tingkat nasional untuk menerima penghargaan dari Presiden.

Sabrina menegaskan, pengusaha diharapkan bisa terus meningkatkan kinerja mengingat keberadaan UMKM yang sangat membantu pergerakan perekonomian termasuk menciptakan lowongan pekerjaan.

"Kekuatan UMKM telah terbukti.Salah satunya bisa bertahan saat terjadi krisis ekonomi hingga masa pandemi COVID-19," katanya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sumut Baharuddin Siagian menjelaskan , penilaian sudah dilakukan sejak Agustus-November 2020.

Dari 15 perusahaan yang diusulkan kabupaten/kota diperoleh tujuh perusahaan kecil, dan tiga perusahaan menengah yang memenuhi syarat-syarat administrasi dan dokumen untuk selanjutnya dilakukan verifikasi lapangan.

“Berdasarkan sidang pleno yang dilakukan sebanyak dua kali akhirnya diperoleh enam pemenang yakni empat usaha kecil dan dua usaha menengah,"ujar Bahar.

Staf Ahli Menteri Ketenagakerjaan bidang Kebijakan Publik, Reyna Usman menjelaskan, tujuan penganugerahan penghargaan melalui Kementerian Ketenagakerjaan itu adalah untuk memotivasi dunia usaha.

Pengusaha diharapkan tetap mempertahankan " standard of excellence" sehingga bisa mencapai usaha kelas dunia.

Penghargaan produktivitas diberikan kepada dunia usaha yang berhasil meningkatkan produktivitasnya minimal selama tiga tahun berturut-turut.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020