Kodam I Bukit Barisan melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Zidam I/BB menggelar operasi pendisiplinan warga terhadap protokol kesehatan (Prokes) di Jalan H Misbah Medan, Provinsi Sumatera Utara.

"Operasi pendisiplinan masyarakat terhadap prokes memfokuskan pada penertiban penggunaan masker para pengemudi mobil, sepeda motor, dan para pengunjung di warung," ujar Kepala Zeni Kodam I Bukit Barisan Kolonel Czi Tri Rahardjo, di Medan, Jumat. 

Ia menyebutkan, operasi pendisiplinan warga ini lebih ditekankan pada penggunaan masker.

"Karena hasil laporan prajurit melihat banyak warga di Kecamatan Medan Maimun dan Medan Helvetia yang tidak peduli pada peraturan protokol kesehatan, yakni 3M (menggunakan masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir," ujarnya.

Raharadjo mengatakan, pihaknya melihat kondisi wabah COVID-19, Kota Medan masih dalam zona merah, maka Zidam I/BB merasa terpanggil untuk membantu Pemerintah Kota Medan menekan penyebaran COVID-19 dengan menyosialisasikan protokol kesehatan secara masif, terarah dan berkesinambungan kepada warga.

Kazidam berharap kepada warga dapat memahami dan melaksanakan protokol kesehatan dengan konsekuensi, mulai menggunakan masker, menjaga jarak aman saat berinteraksi dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir guna menghindari tertular virus yang berbahaya tersebut.

"Semoga dengan adanya operasi pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan bisa membantu Pemkot Medan dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020