Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencetak surat suara sebanyak 777.638 lembar untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun tahun 2020.

Surat suara yang dicetak di Malang, Jawa Timur dan menggunakan transportasi darat sampai di kantor KPU Simalungun di Pamatang Raya pada Rabu (18/11) petang. 

Saat ini kata Ketua KPU Simalungun Raja Ahab Damanik, Kamis (19/11), logistik untuk Pilkada serentak tahun 2020 itu disimpan di gudang dengan penjagaan pihak kepolisian dan staf penyelenggara. 

Baca juga: KPU Simalungun terima 1.992 kotak suara

Komisioner Divisi Logistik itu menjelaskan, pencetakan jumlah surat suara itu sesuai dengan jumlah DPT (636.303 pemilih) ditambah 2,5 persen jumlah pemilih di setiap TPS. 

Sedangkan pemilih di 1.992 TPS (tempat pemungutan suara) jumlahnya beragam atau tidak sama, tetapi tidak melebihi dari 300 orang. 

Pihak KPU nantinya akan melakukan pelipatan, pensortiran dan pengepakan surat suara ke dalam kotak suara untuk selanjutnya didistribusikan kepada penyelenggara sampai tingkat desa. 

Pilkada Simalungun diikuti empat pasangan calon, Radiapoh H Sinaga - H Zonny Waldi nomor urut 1, Mujahidin Nur Hasim - Tumpak Siregar (2), Wagner Damanik - Abidinsyah Saragih (3) dan H Anton Achmad Saragih - Rospita Sitorus (4). 

Baca juga: 630.764 DPS Pilkada Simalungun diuji publik

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020