Satuan Brimob Polda Sumatera Utara menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps ke-75 di aula Pesat Gatra Mako Brimob Polda Sumut, Sabtu (14/11). 
 
Upacara tersebut dilakukan secara virtual dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis yang dihadiri Wakapolri, Pejabat Utama (PJU) Mabes Polri, sejumlah Purnawirawan dan Personel Brimob Polri lainnya di Jakarta. 

Baca juga: Brimob Sumut gelar peringatan Hari Pahlawan di tengah pandemi
 
Upacara itu diawali dengan mendengarkan sambutan dan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang dilanjutkan dengan Mars Korps Brimob Polri, mengheningkan cipta, pengucapan Tribrata. 
 
Dalam amanatnya, Kapolri mengatakan bahwa pengabdian Brimob sudah menjadi catatan dalam sejarah perjalanan bangsa.
 
"Korps Brimob lahir, tumbuh dan berkembang bersamaan dengan institusi Polri dan perjalanan bangsa. Brimob diandalkan Polri mengawal dan mengamankan NKRI," katanya.
 
Selain itu, Idham Aziz juga menyampaikan, bahwasanya Brimob telah menunjukkan eksistensi di antaranya penanganan teroris, gangguan keamanan, bencana alam hingga penanganan COVID-19. 
 
"Brimob menangani COVID-19 dengan mendirikan dapur umum, mendirikan rumah sakit khusus dan bantuan sosial," jelasnya.
 
Namun sambungnya, tantangan bangsa ke depan adalah pengamanan Pilkada, penanganan COVID-19, pemulihan ekonomi masyarakat serta dampak-dampak lainnya. 
 
Karenanya dia meminta kepada seluruh personel Brimob agar terus meningkatkan keimanan, menjalankan tugas sebagai ibadah, menjaga kehormatan pribadi dan institusi Polri dan terus meningkatkan sinergi dengan TNI. 
 
"Jadilah penyemangat bagi keluarga, rekan-rekan, bagi masyarakat, dalam menerapkan protokol kesehatan serta
junjung tinggi Tribata," katanya.
 
Usai upacara virtual dilaksanakan, dilakukan kegiatan syukuran virtual dan pemotongan tumpeng.
 
Hadir dalan upacara tersebut, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto, Irwasda Polda Sumut Kombes Pol Armia Fahmi, Karo Ops Polda Sumut Kombes Pol Makmur Ginting, Dansat Brimob Polda Sumut Kombes Pol Abu Bakar Tertusi dan sejumlah pejabat lainnya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020