Stasiun Geofisika Deli Serdang mencatat dalam sepekan terakhir atau periode 23 hingga 29 Oktober 2020, terjadi 41 gempa bumi di wilayah Sumatra Utara dan sekitarnya.

Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang, Teguh Rahayu, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Medan, Sabtu (31/10), mengatakan kejadian gempa bumi dalam sepekan terakhir tersebut dengan besar magnitudo bervariasi yaitu terkecil magnitudo 1.8 dan terbesar magnitudo 4.0.

Kedalaman gempa bumi berkisar antara 2 Km sampai dengan 156 Km, dengan pusat gempa bumi berada di darat dan laut yaitu 29 kejadian berpusat di darat, dan di laut berjumlah 12 kejadian.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan di pegunungan di Sumut

Meski terjadi 41 kali gempa bumi, namun semuanya tidak dirasakan oleh masyarakat di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya karena memang magnitudo nya relatif kecil.

"Di pekan terakhir Oktober ini gempa-gempa yang terjadi nyaris tidak dirasakan karena magnitudi kecil. Berbeda dengan pekan sebelumnya, yaitu terdapat 2 kejadian gempa bumi yang dirasakan dengan magnitude terbesar magnitudo 5,2," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020