Manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut menyediakan 60.300 tiket untuk antisipasi lonjakan penumpang pada libur Maulid Nabi Muhammad SAW yang diikuti cuti bersama sejak 28 Oktober 2020.

"Dari tiket yang disediakan untuk periode keberangkatan 25 Oktober - 2 November 2020 yang sebanyak 60.300 itu, sudah terjual 20 persen atau sebanyak 12.205 tiket, "ujar Manager Humas PT KAI (Persero) Divre I Sumut, Mahendro Trang Bawono di Medan, Rabu.

Dia menjelaskan 60.300 tiket itu dari 32 perjalanan kereta api (KA) yang di dioperasikan manajemen.

Baca juga: Manajemen KAI Sumut operasikan KA secara bertahap

Ke-32 perjalanan KA tersebut yakni, KA Sri Lelawangsa relasi Medan - Binjai sebanyak 24 KA (PP), KA Putri Deli (Medan - Tanjungbalai-Medan) sebanyak 6 KA .

Serta KA Siantar Ekspress relasi Medan - Siantar - Medan sebanyak 2 KA.

Menurut dia, berdasarkan data pemesanan tiket, pada tanggal 27 Oktober 2020, tercatat paling tertinggi/terbanyak pemesanan tiket dan keberangkatan.

Pada 27 Oktober 2020, ada jumlah penumpang sebanyak 2.891 orang atau naik 18 persen dari periode minggu lalu yang 2.447 penumpang.

"Sejalan dengan naiknya jumlah penumpang, manajemen meningkatkan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan," katanya.

PT KAI Divre I Sumut, katanya, tetap konsisten menerapkan prosedur pencegahan COVID-19, mulai di area stasiun dan di atas KA.

Mulai pemeriksaan kondisi tubuh calon penumpang ketika memasuki stasiun, pembatasan jumlah penumpang dengan maksimal sebanyak 70 persen dari kondisi normal.

Pembatasan jarak antarpenumpang baik di area stasiun mau pun di atas KA

"Petugas juga aktif untuk memastikan penumpang selalu menggunakan APD ketika berada di lingkungan stasiun maupun di atas KA," katanya.

Untuk menunjang protokol kesehatan tersebut, PT KAI Divre I Sumut juga telah menambah sejumlah fasilitas pencuci tangan, ketersediaan cairan antiseptik dan pemasangan batas jarak fisik di sejumlah area pelayanan.

Setiap 30 menit sekali, seluruh fasilitas di stasiun dan kereta juga dilakukan proses pembersihan menggunakan disinfektan.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020