Kegiatan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa ke-109 wilayah kerja Kodim 0210/TU tuntas dilaksanakan.

Hasil kegiatan fisik TMMD yang dilaksanakan di tiga desa dan satu dusun di Kecamatan Tarabintang, Kabupaten Humbanghasundutan, yakni Desa Sihastoruan, Sihastonga, Marpadan, dan Dusun Gaman, kini sudah bisa di akses oleh warga masyarakat.

"Tugu prasasti sudah berdiri kokoh, pertanda TMMD sudah rampung 100 persen," ujar Serka Ahmad, personil Satgas TMMD, Selasa (20/10).

Baca juga: Satgas TMMD buka lapangan sepak bola dukung olahraga SMAN 1 Tarabintang

Dikatakan, jalan interkoneksi antara desa sepanjang 5.000 meter yang dibangun oleh personil Satgas sudah rampung dikerjakan dan ditandai berdirinya tugu bertuliskan "TMMD ke - 109 TA 2020 Kodim 0210/TU", di titik nol jalan desa.

Secara ekonomi, saat ini, warga desa sangat terbantu dengan terbukanya jalan tembus penghubung antar desa.

Warga yang sebelumnya harus menempuh jalan lingkar dan jauh untuk mengangkut hasil pertanian maupun hasil kebunnya, sudah dapat menempuh akses terdekat menuju pusat pasar di Kecamatan Tarabintang, dan Dolok Sanggul, ibukota Kabupaten Humbanghasundutan.

Selain mempersingkat jalan ini juga mempermudah warga menuju areal perladangannya dengan menggunakan sepeda motor maupun roda empat.

Pelaksana tugas Kepala Desa Sihastoruan, Jatuha Meha merasa bangga dengan program TMMD yang dilaksanakan personil dari Kodim 0210/TU.

"Kami warga tiga desa dan satu dusun bangga dan terharu dengan dibukanya jalan penghubung ini oleh prajurit Kodim 0210/TU yang besok akan pulang menuju markasnya di Tarutung," ungkap Jatuha.

Kepala Desa Marpadan Wansitor Sitohang juga mengapresiasi kinerja personil TMMD.

"Kami atas nama warga desa Marpadan mengucapkan terimakasih kepada semua personil satgas TMMD dan secara khusus buat pak Dandim Kodim 0210/TU yang telah membangun desa ini," tukasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020