Bank Sumut mengucurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp3,66 miliar untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di 33 kabupaten/kota di Sumut.

"KUR Bank Sumut itu untuk 38 debitur UMKM di kabupaten/kota Sumut," ujar Kepala Divisi Ritel PT Bank Sumut, Syafrizal Shah di Medan, Senin (5/10).

KUR Bank Sumut itu diserahkan serentak secara simbolis dalam acara Business Matching yang merupakan bagian acara Sosialisasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional (KR) 5, KUR dan Marketplace.

Baca juga: Bank Sumut berharap DPK 2020 tetap bertumbuh

Acara sosialisasi secara virtual itu merupakan rangkaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Tahun 2020 dan mendukung program pemerintah tentang Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Menurut dia, 38 penerima KUR itu antara lain bergerak di sektor usaha kerajinan dan industri kreatif.

Kepala OJK KR 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Yusup Ansori, menyebutkan, KUR untuk UMKM itu memang sangat penting.

Selain pendanaan, katanya, juga sangat penting pembinaan kepada UMKM.

"Pemberdayaan UMKM harus terus dilakukan secara intensif dan kolaboratif berbagai pihak, khususnya dalam masa pandemi COVID-19,"katanya.

Hal itu dilakukan mengingat UMKM diyakini dapat menjadi motor penggerak perekonomian bangsa di pandemi COVID-19 seperti selama ini juga.

Ketua Dekranasda Provinsi Sumut, Bakal Edy Rahmayadi, mengapresiasi Bank Sumut dan OJK KR 5 yang peduli dengan UMKM.

Menurut dia, upaya peningkatan daya saing, perluasan akses pasar dan akses jasa keuangan, serta termasuk pemanfaatan teknologi informasi kepada para pelaku UMKM sangat diperlukan.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020