PTPN IV hingga September 2020 sudah mengalokasikan dana Rp19 miliar lebih untuk program kemitraan, bina lingkungan dan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).

"BUMN itu berasal dari masyarakat sehingga semua BUMN yang ingin maju, harus tumbuh dan berkembang bersama dengan masyarakat sekitar," ujar Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno dalam keterangan yang diterima di Medan, Sabtu (26/9).

Menurut dia, sebagian bantuan itu juga merupakan wujud untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi COVID.

Baca juga: Kinerja terbaik kebun/pabrik PTPN IV dapat penghargaan

Untuk PEN, PTPN IV sudah mengalokasikan dana Rp3 miliar. Dana PEN itu sendiri untuk program kemitraan bagi 113 mitra binaan yang disalurkan dalam bentuk kredit lunak.

Kemudian untuk program bina lingkungan ada tujuh objek di sektor sosial kemasyarakatan, pendidikan dan pelatihan, sarana ibadah, dan atau prasarana umum

Adapun program CSR diperuntukkan bagi sembilan objek di sekitar operasional PTPN IV yang tersebar di 10 kabupaten di Provinsi Sumut.

Baca juga: PTPN IV Kebun Bah Jambi kelola lahan HGU

Dia menegaskan, selain mendapatkan kucuran kredit lunak, mitra binaan PTPN IV juga mendapatkan pelatihan dan pembinaan untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas usaha.

Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Riza Fahlevi Naim menyebutkan, berbagai program yang dijalankan, merupakan upaya yang dilakukan perusahaan dalam mengimplementasikan slogan #BUMNUntukIndonesia.

"BUMN harus bisa menyebarkan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar," ujar Riza Fahlevi Naim.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020