Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution bersama Kepala BPBD Arpan Siregar dan Plt Kasat Pol PP Padangsidimpuan Ali Ibrahim Dalimunthe meninjau lokasi banjir Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, ada beberapa titik yang terdampak bencana banjir akibat hujan dengan intensitas yang cukup tinggi pada Selasa malam, (23/09).

Pantauan di lapangan, Desa yang mengalami genangan air akibat curah hujan yang tinggi adalah Desa Goti, Desa Manegen dan Desa Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. 

Genangan air yang tinggi dan intensitas hujan yang deras mengakibatkan rumah warga terendam air lebih dari tiga jam sehingga mengakibatkan aliran sungai dan parit tidak mampu menampung air hujan. 

Baca juga: Wakil Wali Kota tinjau sejumlah titik bencana banjir di Padangsidimpuan

Baca juga: Pemkot Padangsidimpuan tinjau sekolah terdampak banjir

Wali Kota Irsan di lokasi banjir mengatakan, banjir yang melanda wilayah Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara memang setiap tahun selalu terjadi. Namun pihaknya selama ini telah melakukan sejumlah langkah untuk menangani banjir tahunan itu. Salah satunya dengan menormalisasi aliran Sungai.

Namun, intensitas hujan yang tinggi membuat air sungai meluap dan sebagian wilayah tetap dilanda banjir. Untuk itu ke depan pihaknya akan terus mencari solusi bagaimana agar dampak banjir yang terjadi dapat diminimalisir.

“Nanti melalui dinas terkait bersama pemerintah desa akan cari jalan keluar, sehingga jika banjir terjadi harus ada penyelesaiannya. Kalau tiap tahun tetap terjadi, kita akan selalu mencoba untuk meminimalisir dampak bencana banjir ini,” kata Wali Kota Padangsidimpuan.

Masyarakat juga dalam rangka membuang sampah harus pada tempatnya, jangan sembarangan efeknya akan terjadi penyumbatan aliran air sungai. 

Irsan juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati - hati mengingat pada saat ini sedang musim penghujan, tidak menutup kemungkinan akan ada lagi banjir maupun tanah longsor di daerah perbukitan.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020