Melanjutkan usaha dalam mencegah penularan COVID-19, Asian Agri bergerak dengan memberikan bantuan APD untuk puskesmas di sekitar Kebun. Kali ini melalui anak perusahaannya yaitu PT Gunung Melayu dan PT Saudara Sejati Luhur.

Puskesmas yang menerima bantuan adalah Puskesmas Gonting Malaha di Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Penyerahan bantuan APD dilaksanakan pada hari Kamis, 17 September 2020.

“Petugas medis menjadi garda terdepan dalam penanganan COVID-19. Semakin meningkatnya jumlah kasus positif COVID-19 membuat ketersediaan APD juga semakin terbatas. Inilah yang menjadi sasaran kami sehingga tenaga medis di puskesmas dapat menjalankan penanganan terhadap suspek atau pasien sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku,” Ujar Ramsi K Simanjorang, Manager Kebun Sentral PT GM/SSL.

“Hari ini kami serahkan bantuan APD berupa Masker 3.500 pcs, Hazmat 25 pcs, kacamata 5 pcs, sarung tangan 11.000 pcs, dan Thermo Gun 3 pcs untuk Puskesmas Gonting Malaha, semoga dapat bermanfaat dalam upaya penanganan Covid-19,” tambahnya.

Menyambut bantuan dari PT GM/SSL, Hj Adelina HSB, SKM, Kepala Puskesmas Gonting Malaha menuturkan rasa terima kasih kepada PT GM/SSL atas bantuan APD yang diberikan.

“Untuk Kabupaten Asahan sudah ada 2 puskesmas yang dikarantina karena adanya kasus COVID-19. Keterbatasan APD menjadi momok yang menakutkan bagi kami tenaga medis untuk menangani pasien. Terima kasih kepada Asian Agri atas bantuan APD ini. Semoga bersama kita dapat mencegah penyebaran COVID-19,” ujarnya.

Ikut hadir dari pemerintah Kecamatan Bandar Pulau diwakili Sekretaris Camat Haris Simargolang. Ia menuturkan hal yang serupa. “Terima kasih tak terhingga untuk Asian Agri atas bantuan yang selalu diberikan. Pemerintah kecamatan akan selalu berkoordinasi dengan puskesmas serta saling membantu dalam mensosialisasikan tentang Covid-19 kepada masyarakat. Masyarakat wajib mengikuti protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak dll. Bersama kepolisian kami juga akan membagikan masker kepada masyarakat dan nantinya akan diberlakukan pemeriksaan kendaraan serta diberlakukan sangsi jika terdapat yang tidak memakai masker,” kata Haris.

Koordinator CSR Asian Agri Sumut Aris Yuneidi menuturkan, ada 2 luskesmas yang menjadi sasaran di sekitar PT GM/SSL untuk bantuan APD ini, yaitu Puskesmas Gonting Malaha yang sudah direaliasasikan dan Puskesmas Rahuning di Kecamatan Rahuning yang dalam waktu dekat akan segera diberikan.

"Ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap pencegahan dan penanganan COVID-19,” katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020