Satgas Pengendalian Pendisplinan Protokol Kesehatan Medan-Binjai-Deli Serdang (Mebidang) melakukan razia masker  di Jalan Gatot Subroto Kota Binjai, Sumatera Utara, Selasa.

Kepala Satpol PP Kota Binjai Otto Harianto, usai razia, mengatakan ini kedua kalinya razia masker dilakukan bekerja sama dengan Satgas Pengendalian Pendisplinan Protkol Kesehatan Mebidang dilakukan di Kota Binjai.

Sebelumnya razia masker dilakukan di Jalan Sutan Hasanuddin. Dari data yang terjaring razia, tingkat masyarakat yang ditindak menurun dibandingkan dengan razia pertama.

Baca juga: Satgas COVID-19 : Zona Merah naik cukup banyak jadi 65 Kota-Kabupaten

Pada razia pertama total 91 masyarakat yang terjaring razia masker, 26 KTP yang ditahan dan 65 orang dikenai sanksi lisan.

Sementara pada razia kedua, Selasa ini, dari total 74 orang terjaring razia masker, 30 KTP di sita dan 44 orang ditindak karena tidak membawa KTP.

"Kalau kita lihat ada peningkatan kesadaran masyarakat mengenakan masker. Bila pada razia pertama kita lakukan di Jalan Sutan Hasanuddin, sekarang kita lakukan di Jalan Gatot Subroto, jalan yang jauh lebih ramai dari lokasi razia sebelumnya, tetapi yang terjaring oleh kita lebih sedikit," katanya.

Baca juga: Masuk September, 2.775 kasus baru COVID-19 terkonfirmasi di Indonesia

Otto menambahkan GTPP Covid-19 Sumut dan Binjai akan terus melakukan kegiatan sosialisasi dan penegakan protokol kesehatan kepada masyarakat.

"Setiap hari kita di sini melakukan sosialisasi. Kalau razia kita lakukan setiap hari Selasa dan Kamis, kalau waktu dan tempatnya tentu tidak kita sebarkan,” kata Otto.

Wakil Ketua Satgas Pengendalian Pendisplinan Protokol Kesehatan Mebidang Azhar Mulyadi meminta Pemda konsisten melakukan monitoring, sosialisasi dan pendisiplinan protokol kesehatan.

Dengan konsistennya ketiga kegiatan tersebut, dia percaya kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan semakin tinggi.

"Tindakan langsung itu menjadi pengingat masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Ini dilakukan untuk kebaikan kita bersama agar Covid-19 bisa kita hentikan penyebarannya di Sumut," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020