Pemkab Deli Serdang meraih Penghargaan Sejuta Akseptor karena mampu mencapai jumlah akseptor terbanyak sesuai yang ditargetkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)Sumatera Utara.

Penghargaan tersebut diberikan langsung Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara kepada Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan di Lubuk Pakam, Selasa (1/9).

Bupati Deliserdang Ashari Tambunan dalam kesempatan itu mengatakan, pihaknya menyadari pelayanan KB dalam rangka mewujudkan keluarga berkualitas, menghadapi tantangan besar pada masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Pemkab Deliserdang edukasi secara masif penerapan protokol kesehatan

Pandemi VOVID-19 berdampak pada menurunnya motivasi masyarakat untuk ber-KB, baik peserta KB baru, KB aktif, maupun konversi.

Kekhawatiran terhadap efek dari kontak fisik dan sosial di fasilitas kesehatan pada saat pemasangan dan pelayanan kb, dapat menimbulkan terjadinya drop out kepesertaan kb yang jika dibiarkan akan menyebabkan terjadinya "baby boom".

"Tentu saja kita tidak menginginkan hal ini terjadi," katanya.

Baca juga: Pemkab Deliserdang apresiasi pembangunan Jembatan Merdeka

Karenanya, pelayanan KB serentak sejuta akseptor menjadi solusi strategis dalam mengantisipasi penurunan dan menjaga konsistensi kepesertaan KB pasangan usia subur pada masa pandemi COVID-19

"Alhamdulillah, meski tidak dimaksudkan untuk menjadi yang terbaik dalam pelaksanaannya, telah membawa Deli Serdang sebagai kabupaten dengan kategori persentase pencapaian akseptor tertinggi," katanya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Drs Temazaro Zega mengatakan gerakan pelayanan KB serentak sejuta akseptor yang dilakukan oleh masyarakat melalui pemerintah daerah diseluruh Indonesia mendapat hasil yang cukup luar biasa.

Untuk Sumatera utara diberi target 50.000-53.000 akseptor, tetapi kita mencapai 73.000 orang lebih di Sumut.

Di antara kabupaten dan kota di Sumut, terbanyak yang melakukan pelayanan KB adalah Kabupaten Deli Serdang dengan pencapaian 4.667 akseptor.

"Sehingga dari analisis penilaian-penilaian yang dihitung oleh tim BKKBN dan mitra terkait, ternyata Deli serdang menduduki posisi nomor 1. Jadi Kabupaten Deli Serdang ini juara 1 dalam pelayanan sejuta akseptor di Sumut," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020