Bupati Asahan, H Surya BSc bersama OPD terkait mengunjungi lokasi pembibitan pisang barangan merah di Kelurahan Sei Renggas, Sabtu (15/8/2020).

Dalam kunjungannya, Bupati berharap pembibitan pisang barangan merah yang dilakukan PT Hijau Surya Biotechindo bisa memenuhi kebutuhan bibit pisang barangan merah di Sumatera Utara (Sumut).

“Diharapkan  laboratorium ini siap memproduksi bibit pisang komersial untuk masyarakat petani di Kabupaten Asahan dan Sumut,” kata Surya saat meninjau pengembangbiakan pisang lewat kultur jaringan pada laboratorium perusahaan tersebut.

Baca juga: Polres Asahan gerebek rumah bandar narkoba, 1,3 kg sabu diamankan

Bupati menyebutkan  laboratorium kultur jaringan yang saat ini di kembangkan oleh PT Hijau Surya yang dipimpin Irwansyah Tjong  merupakan yang pertama di Kabupaten Asahan bisa menjadi prospek masyarakat untuk membesarkan buah pisang barangan merah.

“Informasi yang kita dapat, laboratorium ini merupakan yang pertama di Kabupaten Asahan dan terbesar di Sumatera Utara. Artinya kita pemerintah daerah siap mendukung," ujar Surya.

Lebih lanjut Bupati juga menginstruksikan kepada Dinas pertanian Kabupaten Asahan  untuk segera melakukan pendataan Kebutuhan bibit Pisang di Kab. Asahan, untuk selanjutnya melakukan kerjasama dengan PT Hijau Surya dalam memenuhinya.

Baca juga: Bupati Asahan dan Forkopimda kibarkan 75 bendera merah putih di bawah Air Terjun Ponot

Semoga ke depan Kabupaten Asahan dapat menjadi salah satu daerah penghasil pisang barangan merah dan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat

Sementara itu Pimpinan PT Hijau Surya Irwansyah Tjong bersama Direktur, Budi Chandra menjelaskan laboratorium PT Hijau Surya  saat ini tengah mengembangbiakkan dua  jenis pisang melalui kultur jaringan yaitu Pisang Ameh Pasaman dan Pisang Barangan Merah.

Ia menjelaskan, kedua  jenis pisang yang tengah dikembangbiakkan merupakan sebuah harapan untuk menjadi sumber benih pisang Komersil di Kabupaten Asahan bahkan Luar Kabupaten Asahan.

Ia juga menjelaskan proses pengembangbiakan pisang lewat kultur jaringan tersebut dimulai sejak 2018 lalu, dan ditargetkan pada tahun 2020 bisa menghasilkan 10 ribu tunas sampai  20 ribu tunas Bibit Pisang untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat.

Irwansayah juga menjelaskan bahwa satu pohon pisang barangan merah rata rata bisa menghasilkan 20 Kg, dan dalam dua tahun bisa dilakukan tiga kali panen yaitu bulan ke 10, ke 15 dan Bulan ke 20.

“Dan Kepada Masyarakat yang memiliki  lahan, PT. Hijau Surya juga siap untuk melakukan MoU dalam pengembangan pohon Pisang sekaligus pendampingan dan siap menampung hasil panennya," ucap Irwansyah.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020