Manajemen konsorsium perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi Sarulla Operation Limited menggelar program kejar paket b dan paket c demi mendukung program wajib belajar 9 tahun secara gratis bagi masyarakat di Kecamatan Pahae Jae dan Pahae Julu, Kabupaten Tapanuli Utara.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk partisipasi SOL dalam pemenuhan pendidikan dasar dan menengah wajib belajar 9 tahun dalam program kejar paket B setara SMP dan paket C setara SLTA sederajat.

Baca juga: SOL pasang 24 lampu penerangan jalan di tujuh desa di Taput

Industan Sitompul, Humas Eksternal SOL menjelaskan, untuk periode tahun 2020, program kejar paket b dan paket c digelar secara gratis bagi 30 orang warga usia produktif yang berdomisili di Kecamatan Pahae Jae dan Pahae Julu. 

Dikatakan, kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari program serupa yang dilaksanakan perusahaan sejak 2019 lalu bagi sejumlah 18 orang warga dalam mengikuti program kejar paket c. 

Baca juga: Warga Pagaran Taput positif COVID-19, 40 kontak masih nonreaktif

Dalam pelaksanaan kegiatan, SOL bekerja sama dengan PKBM Pioneer Tarutung sebagai satu-satunya lembaga yang telah memiliki akreditasi b di wilayah Taput menjadi penyelenggara ujian kesetaraan.

"Pelaksanaan kegiatan ini telah melalui koordinasi dengan pihak kepala desa, kecamatan, maupun dinas pendidikan kabupaten," sebut Industan, Rabu (5/8).

Menurut Industan, pelaksanaan kegiatan yang digelar Kamis (30/7), bersama 30 peserta, orangtua, yang didampingi kepala desa masing-masing telah melakukan pertemuan awal dan "briefing" perihal program dimaksud.

"Demi mematuhi protokol kesehatan di temgah pandemi COVID-19, pertemuan dilakukan di masing-masing wilayah," terangnya. 

Dari keseluruhan peserta, sebanyak 18 orang peserta merupakan warga dari empat desa, yakni Desa Silangkitang, Sigurung-gurung, Pardamean Nainggolan, dan Sitolu Ompu, di Kecamatan Pahae Jae, dilaksanakan di Kantor Desa Pardomuan Nainggolan.

Sementara, untuk 12 peserta dari lima desa, meliputi Desa Simataniari, Lumban Jaean, Sibaganding, Onan Hasang dan Janji Natogu, di Kecamatan Pahae Julu, dilaksanakan di SD Inpres Sibaganding, yang berlokasi di Desa Lumban Jaean. 

Imbuh Industan, 9 peserta dari total 30 peserta mengikuti program paket b, dan 21 orang lainnya mengikuti program paket c. 

"Harapan kita, melalui program ini, jumlah masyarakat yang menyelesaikan tingkat pendidikan dasar dan menengah semakin meningkat. Ijazah yang diperoleh dapat dipergunakan dalam melanjutkan pendidikan menuju jenjang lebih tinggi, serta modal dasar mencari pekerjaan," tukasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020