BMKG Geofisika Deli Serdang telah selesai memasang Warning Receiver Sytem (WRS) New Generation atau alat penerima informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.

Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang, Teguh Rahayu yang dihubungi dari Medan, Selasa mengatakan "Warning Receiver System New Generation" atau disingkat WRS New Gen tersebut sudah terpasang di Kantor Bupati Padang Lawas.

Alat tersebut merupakan peralatan penerima informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami berupa Smart Display.

Baca juga: BMKG Deliserdang catat 41.817 kali petir selama pekan kedua Juli 2020

"Sebelum dipasang kami terlebih dahulu melakukan survei dan audiensi dengan pemerintah daerah setempat," katganya.

Pemasangan WRS New Gen di Kabupaten Padang Lawas merupakan lokasi ke sepuluh dari 11 rencana pemasangan WRS New Gen di Sumatera Utara.

Ia mengatakan, Wilayah Padang Lawas sediri dari sisi kegempaan merupakan daerah yang berdampak dan berpotensi terjadi gempa bumi akibat aktivitas patahan angkola.

Baca juga: BMKG pasang "WRS New Generation" di Samosir

Gempa bumi yang terjadi pada 30 April 2020 merupakan pengalaman yang sangat berharga di masa pandemik COVID-19 dalam pemberian informasi dini gempa bumi.

"Kerusakan beberapa bangunan akibat gempa yang terjadi di bulan April itu menggambarkan pentingnya smart display yang diharapkan akan memberikan respon cepat untuk informasi dini gempabumi dan tsunami kepada stakeholder," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020