BMKG Deliserdang memasang Warning Receiver Sytem New Generation (WRS New Gen) di Kabupaten Samosir dalam upaya mempercepat penyebaran informasi dini jika terjadi gempa bumi dan tsunami di daerah itu.

Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang Teguh Rahayu yang dihubungi dari Medan, Sabtu, mengatakan, 
pemasangan WRS New Gen di Kantor Bupati Samosir merupakan smart display yang memberikan informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami secara real time

Secara tektonik, Kabupaten Samosir berada di jalur patahan Sumatera dan gempa bumi yang terjadi di daerah ini umumnya bersumber dari aktivitas patahan renun. 

Baca juga: BMKG Deliserdang catat 22 kali gempa dalam sepekan

Potensi gempa bumi yang terjadi di daerah ini bersifat sangat lokal dan umumnya terjadi di darat. 

Untuk itu diperlukan smart display yang diharapakan akan memberikan respon cepat untuk informasi dini gempa bumi dan tsunami kepada stakeholder.

Di sisi lain, Danau Toba yang berada di Kabupaten Samosir telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai salah satu dari lima kawasan stategis pariwisata nasional dengan status super prioritas selain Likupang, Mandalika, Borobudur, dan Labuhan Bajo. 

"Dengan status itu, semakin terlihat jelas pemasangan WRS New Gen yang diharapkan membantu pemerintah daerah dalam memberikan informasi dini gempabumi dan tsunami menjadi sangat strategis dalam upaya pembangunan percepatan wisata Danau Toba," kata wanita yang biasa disapa Ayyu tersebut.

Sementara Bupati Samosir, Drs. Rapidin Simbolon, mengucapkan terimakasih kepada BMKG yang telah memasang alat tersebut di Samsoir.

"Terimakasih kepada BMKG atas bantuan peralatan WRS New Gen itu," katanya didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Jabiat Sagala.

Baca juga: BMKG Deli Serdang pasang WRS New Generation di Dairi
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020