Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara, Alexander Gultom mengungkapkan, 6 dari total 8 warga dengan identitas kependudukan di Taput yang sebelumnya terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap telah dinyatakan sembuh, sementara 2 warga lainnya masih dalam perawatan di salah satu rumah sakit di Medan.

"Dari total delapan warga beridentitas kependudukan Taput, enam orang sudah sembuh, sementara dua lainnya masih dirawat di Medan," terang Alexander Gultom kepada ANTARA, Jumat (17/7).

Baca juga: Sebulan perburuan makhluk pengisap darah ternak di Taput, ini kata BBKSDA

Baca juga: Miris, digugat anak gegara harta, Ibunda : Air susu dibalas air tuba

Dikatakan, dari total 6 pasien sembuh dari virus corona, 4 orang sembuh setelah menjalani perawatan di RSU Tarutung, dan 2 orang lainnya dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Royal Prima Medan.

"Seluruh pasien dinyatakan sembuh dalam kurun waktu sebulan terakhir, dan telah dipulangkan. Namun, mereka tetap dianjurkan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari ke depan sejak dinyatakan sembuh," jelasnya.

Sementara, 2 orang lainnya dengan identitas kependudukan sebagai warga Kecamatan Sipahutar, dan Kecamatan Muara, meski selama ini telah berdomisili di luar Taput, masih dalam perawatan di salah satu RSU di Medan.

"Harapan kita, masyarakat tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan dan tidak menyalah-artikan makna masa normal baru, dimana masyarakat harus melakukan adaptasi kebiasaan baru dengan melakukan prilaku bersih dengan rajin menyuci tangan, menggunakan masker, jaga jarak, dan sebisa mungkin menghindari kerumunan," tukasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020