Penyebaran virus corona (COVID-19) di kabupaten Asahan terus mengalami peningkatan dan kini ada 26 kasus dinyatakan positif.

"Memang angka pasien positif terus bertambah," kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Asahan, Rahmat Hidayat Siregar, Jumat (10/7/2020) di gedung Dinas Kominfo setempat.

Hidayat menyebutkan, kasus baru datang dari  P (65) laki-laki warga Kelurahan Selawan, Kecamatan Kota Kisaran Timur dan HIK (23) perempuan, warga Desa Sei Silau Timur, Kecamatan Buntu Pane.

Baca juga: Jumlah positif COVID-19 di Asahan bertambah dua orang

Hidayat yang juga Kepala Dinas Kominfo menjelaskan, HIK adalah merupakan asisten rumah tangga. Setelah 2 kali rapid test hasilnya reaktif, maka pihak Dinkes Kabupaten Asahan mengambil sampel swab tanggal 5 Juli 2020 dan dikirim ke FK USU serta hasilnya keluar tanggal 10 Juli 2020 dan dinyatakan positif COVID-19. 

Sedangkan untuk pasien P mengalami keluhan sesak dan berdasarkan hasil swab dinyatakan positif COVID-19 dan dirawat di RS Martha Friska Medan.

Baca juga: Terkini COVID-19 Asahan, 1 meninggal dan 3 sembuh

"Hingga kini pihak kami masih melakukan pelacakan terhadap keluarga dan masyarakat yang melakukan kontak langsung dengan pasien," ucap Hidayat.

Gugus tugas Asahan meminta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19 dengan tetap memakai masker, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan, tetap jaga imun tubuh dengan sering berolah raga serta tetap jaga kesehatan.

Data COVID-19 di Asahan, posiitf ada 26 orang terdiri dari 15 lagi dirawat, 6 sembuh dan 5 meninggal dunia.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020