Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Deli Serdang memasang Smart Display Warning Receiver System New Generion (WRS New Gen) di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Kepada Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu diruang kerjanya, di Sipirok Senin (6/7) sore, Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang Teguh Rahayu menjelaskan alat itu merupakan deteksi dini gempa dan tsunami.

Dimana WRS New Gen ini merupakan percepatan informasi gempabumi dan tsunami secara real time dan merupakan terobosan baru dari BMKG. "Alat ini menyajikan informasi dalam waktu yang cepat setelah terjadi gempabumi," sebutnya.

Baca juga: Antisipasi COVID-19, rumah makan Siang Malam Sipirok terapkan protokol kesehatan

"Alat ini akan memudahkan respon cepat untuk memberikan informasi dini kepada stakeholder untuk dapat mengambil langkah penting selanjutnya," harapnya.

Pemasangan WRS New Gen di Tapanuli Selatan yang diterima Bupati Tapsel didampingi Kalaksa BPBD Ilham Suhardi merupakan pemasangan ke enam dari rencana 11 WRS New Gen yang akan di pasang di Sumatera Utara.

Disamping mengucapkan terimakasih kepada BMKG telah memasang WRS New Gen, Bupati juga mengarahkan tim teknis BMKG memasang alat tersebut di salah satu sudut ruang publik pada lantai dasar pada Kantor Bupati Tapsel tersebut.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020