Menyongsong kebijakan baru Presiden Joko Widodo  (Jokowi) yaitu "new normal" atau normal baru,  banyak sektor yang harus ditata kembali salah satunya sektor pertanian.

Merespon kebijakan tersebut  Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan gebrakan manis di sektor pertanian.

Demikian Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini, di Medan, Selasa (9/6). Mentan, kata dia, tidak mau kecolongan dalam hal soal mempersiapkan pangan.

Baca juga: Polbangtan Medan dampingi petani Palas panen padi

Baca juga: Minimalisir pengeluaran, mahasiswa Polbangtan Medan ajak petani Bengkulu tanam cabai

Dibuktikan dengan menggerakkan seluruh jajarannya termasuk mahasiswa Polbangtan Medan untuk ikut dalam mempersiapkan sektor pertanian.

"Kementerian Pertanian melalui Kepala BPPSD Pertanian Dedy Nursyamsi sendiri juga telah menekankan agar seluruh Polbangtan yang ada supaya turut andil menyukseskan pertanian ditengah COVID-19," ungkapnya.

Di Kelurahan Bhakti Karya, Kecamatan Binjai Selatan, Binjai misalnya. Mahasiswa Polbangtan Medan diterjunkan ke lapangan menjumpai petani daerah itu.

"Disitu para mahasiswa memberikan motivasi kepada petani agar petani tetap semangat meskipun dalam keadaan pandemi COVID-19 dan mereka juga mengajak petani agar tetap menjaga kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan," katanya.

Tak hanya disitu saja, mahasiwa Polbangtan  juga ikut membantu petani dalam melakukan pemangkasan bunga pada tanaman bengkoang. Annissa Nasution salah satunya.  

"Kegiatan ini sangat menarik dan menyenangkan karena bisa bercengkerama langsung dengan petani dan bisa melihat senyum perjuangan petani dalam menopang pangan kita," kata Annisa.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020