Mahasiswa Polbangtan Medan melakukan kegiatan pendampingan panen padi sawah petani di Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.

Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini, di Medan, Selasa (9/6), mengatakan kegiatan mahasiswanya itu wujud nyata ini salah satu langkah strategis Kementan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di tengah pandemi COVID-19 menggerakkan seluruh jajarannya termasuk Polbangtan memantau pertanian di negara ini.

Baca juga: Minimalisir pengeluaran, mahasiswa Polbangtan Medan ajak petani Bengkulu tanam cabai

Baca juga: Songsong normal baru, mahasiswa Polbangtan Medan dampingi petani panen kangkung

"Mentan menekankan semua jajarannya harus semangat bercengkrama dan membantu petani  untuk menjaga ketahanan pangan khusus-nya di Indonesia di tengah pandemi COVID-19," katanya.

Adapun panen varietas padi mekongga dengan di atas lahan sekitar 5 ha ini mahasiswa Polbangtan Medan didampingi penyuluh setempat Jumpah Hasibuan. "Hasilnya 5,2 ton dalam se hektare," ujarnya.

Ketua Koptan Malanti Ardiansyah mengatakan kehadiran mahasiswa ditengah panen petani patut di acungkan jempol dan jangan berhenti sampai di sini akan tetapi berkelanjutan.

Selain kehadiran Polbangtan Medan dapat mendorong juga diharap mampu merangsang petani millenial demi keberadaan pertanian Indonesia ke depan.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020