PT Inalum (Persero) memasang instalasi cuci tangan berbentuk wastafel portable yang dilengkapi pada 15 titik keramaian di Kabupaten Batu Bara dan Toba, Sumatera Utara, untuk meminimalisir COVID-19.

Direktur Eksekutif SDM Inalum, Ismadi YS Jenal sekaligus Ketua Tim Tanggap COVID-19 PT INALUM (Persero) di Batubara, ,Kamis, mengatakan, instalasi ini tidak hanya untuk kepentingan Inalum namun juga untuk kepentingan bersama seluruh masyarakat dan mencegah penularan COVID-19 di wilayah Kabupaten Batubara dan Toba.

Ia mengatakan kondisi penularan COVID-19 di Sumatera Utara, mendorong pihaknya untuk segera melaksanakan protokol pencegahan penyebaran virus tersebut.

Baca juga: Inalum perangi penularan COVID-19 di Sumatera Utara

Protokol pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan perusahaan itu aktif diterapkan sejak 22 Maret 2020 dengan melakukan pemeriksaan suhu terhadap setiap tamu yang masuk ke dalam area Pabrik Peleburan Aluminium Kuala Tanjung, PLTA Paritohan dan Komplek Perumahan yang ada di Tanjung Gading maupun Paritohan.

Protokol bekerja dari rumah atau work from home diterapkan pada lokasi kerja INALUM yang ada di Medan.

Selain itu, Inalum juga menerapkan larangan bagi seluruh pegawainya untuk berpergian ke daerah terjangkit dan mengimbau seluruh pegawai senantiasa menjaga kesehatan dengan makan, istirahat dan olahraga yang cukup serta selalu mencuci tangan secara berkala.

Tidak hanya kepada pegawai, Inalum juga mengharapkan peningkatan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan dan menjaga kesehatan.

Sementara Kepala Departemen CSR Inalum, Daniel J.P. Hutauruk, mengatakan saat ini sesuai Surat Keputusan Menteri BUMN No. SK-77/MBU/03/2020, Inalum ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai Koordinator Satuan Tugas Bencana Nasional BUMN di Wilayah Sumatera Utara.

Inalum bersama BUMN lain di Sumatera Utara yang tergabung di Satgas Bencana Nasional BUMN siap berkontribusi aktif untuk memerangi wabah tersebut.

"Kami akan lakukan berbagai program prioritas yang semoga saja bisa mempercepat berakhirnya wabah COVID-19," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020