Kodim 0204/DS yang juga terlibat dalam Satgas Pengamanan COVID-19 gabungan baik dari Polri dan pemerintah daerah telah menyiapkan pasukannya untuk mengamankan proses kepulangan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Bandara Internasional Kualanamu dan lokasi karantina di Cadika Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang untuk mencegah penularan COVID-19. 

Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin yang juga tim Satgas Pengamanan COVID-19 di Deliserdang, Kamis (9/4), mengatakan Kodim 0204/DS bekerja sama dengan Polres Deliserdang dan Pemkab Deliserdang saling membantu para TKI yang pulang dari Malaysia untuk menjalani proses karantina di Cadika Lubuk Pakam, Deliserdang.

Baca juga: "Rapid test" TKI asal Malaysia pulang ke Sumut semua negatif COVID-19

"Guna mencegah penyebaran COVID-19 salah satunya adalah dengan karantina di lokasi dan kami siap membantu memantau para TKI," katanya.
 
Dandim menambahkan para TKI sebanyak 134 orang yang berasal dari berbagai daerah di Sumut dan luar Sumut ini akan menjalani karantina selama dua hari di Cadika dan tentu yang sudah dinyatakan sehat akan dijemput oleh tim daerahnya masing-masing untuk selanjutnya melaksanakan karantina mandiri. 

Baca juga: 500 TKI dari Malaysia yang pulang ke Sumut akan dikarantina di dua lokasi

"Protokol kesehatan sudah dilakukan semua nanti di Cadika akan dilakukan untuk pendataan ulang saja kemudian meyakinkan dalam melaksanakan prosedur karantina mandiri," tambahnya.

Dandim berharap para TKI tersebut dapat mengikuti prosedur dan tata tertib yang sudah ditentukan oleh pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sehingga bisa meminalisir  penularan COVID-19 terutama di masyarakat.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut telah menyiapkan dua tempat karantina untuk TKI yang terdampak 'lockdown' atau karantina wilayah dari Malaysia yakni di Cadika Lubuk Pakam, Deliserdang dan di eks Bandara Polonia Medan. 

Pewarta: Septianda Perdana

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020