Lantamal I Belawan melakukan pengukuran suhu tubuh dan pemberian cairan pembersih tangan kepada seluruh prajurit sebelum memasuki Makolantamal sebagai upaya mendeteksi dini penyebaran virus corona (Covid-19).  

Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid Kacong, di Belawan, Rabu, mengatakan hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah dibantu oleh pemangku kepentingan lainnya sedang berupaya untuk memerangi penyebaran Covid-19.

"Pemerintah juga telah menerbitkan Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19," ujarnya.

Rasyid mengatakan, protokol yang diterbitkan tersebut yaitu Protokol Kesehatan, Protokol Komunikasi, Protokol Pengawalan Perbatasan, Protokol Area Pendidikan, dan Protokol Area Publik dan Transportasi.

Protokol tersebut akan dilaksanakan di seluruh Indonesia oleh pemerintah dengan dipandu secara terpusat oleh Kementerian Kesehatan.

"Bagi anggota yang telah melakukan perjalanan dari luar kota segera memeriksakan diri ke Dinas Kesehatan untuk berjaga-jaga agar diri kita tidak tertular virus corona," katanya.

Ia juga menyarankan selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sesering mungkin.

"Apabila merasa kurang enak badan segeralah memeriksakan diri ke Balai Pengobatan atau RSAL Komang Makes sebagai deteksi dini guna menghindari hal-hal yang tidak dinginkan," katanya.

Pemeriksaan suhu tubuh yang dilakukan oleh Personel Diskes Lantamal I dan RSAL Komang Makes dilaksanakan di penjagaan ketika seluruh anggota memasuki Mako Lantamal I, tempat bersandarnya  KRI dan KAL.

Selain itu, Lantamal I juga melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Al Abrar yang lokasinya berada di dalam Mako Lantamal dan menyiapkan cairan pembersih tangan di tempat-tempat tertentu seperti di pos penjagaan, masjid, gedung yang biasa digunakan untuk rapat dan pertemuan, serta di kantin.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020