Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk membuka secara resmi Colour Run Pekan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Nasional 2020, yang digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sibolga di Lapangan Simaremare Sibolga, Minggu (15/3/2020).

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Bank Indonesia yang telah melakukan Pekan QRIS sebagai ajang sosialisasi penggunaan atau pembayaran non tunai, mempermudah urusan transaksi menjadi lebih efisien.

Baca juga: Cegah virus corona, panitia triathlon Sibolga cek kesehatan peserta

“Untuk kecepatan pelayanan, dimana-mana sekarang sudah dikembangkan pembayaran non tunai, kemudahan berbagai fasilitas, yang profesional dilakukan oleh perbankan. Kalau pakai tunai, kita harus membawa uang cash, sementara kondisi sekarang, resiko copet, rampok dan kita jadi konsumtif. Bank Indonesia sebagai bank sentral, memberikan panduan kepada seluruh perbankan nasional kita, baik bank swasta maupun pemerintah. Mari kita sosialisasikan ini kepada masyarakat luas,” ucap wali kota.

Baca juga: Dukung kelancaranan tugas, Kejari Sibolga terima mobnas dari Pemkot Sibolga

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga Suti Masniari Nasution memaparkan, QRIS merupakan bagian dari mekanisme sistem pembayaran yang dikembangkan oleh BI bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), untuk menjawab tantangan inovasi teknologi dibidang sistem pembayaran.

Juga berupaya mendorong efisiensi dibidang perekonomian, dengan kata lain QRIS merupakan standarisasi sistem pembayaran yang aman dan efisien.

“Kita menganggap rangkaian dari acara Hari Jadi Sibolga yang ke 320 ini cukup bermakna. Kita berharap ini bisa berhasil, masyarakat kita teredukasi dengan baik, masyarakat kita bisa mengerti bagaimana pentingnya sistem pembayaran untuk kelancaran transaksi untuk mendongkrak perekonomian. Pekan QRIS ini juga dimeriahkan artis Virzha, Mamak Gardam dan Ucok,” katanya.

Turut hadir mendampingi Wali Kota, Wakil Wali Kota Edi Polo Sitanggang, Wakil Ketua TP. PKK Doharta Ida Hutabarat, unsur Forkopimda, Sekda Kota Sibolga M Yusuf Batubara, Ketua Dharma Wanita Masnah Sikumbang, para Pejabat Tinggi Pratama, Kabag, Camat dan Lurah se-kota Sibolga.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020