Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sumut bersilaturahmi ke FKUB Kota Pematangsiantar dan diterima Wali Kota H Hefriansyah di Ruang Data Sekretariat Daerah Kota Pematangsiantar, Senin (9/3).

Ketua FKUB Sumut Dr H Maratua Simanjuntak menjelaskan, kehadiran mereka di Pematangsiantar untuk berdialog dan diskusi guna menyukseskan Pilkada serentak tahun 2020.

Menurutnya, agama sangat rentan ditarik untuk kepentingan tertentu selama tahun politik dan kondisi itu didukung kemajuan teknologi informasi, khususnya media sosial dalam bentuk hoax, ujaran kebencian, dan penyebaran praduga bukan fakta. 

Baca juga: Pria tua tewas terlindas kereta api di Pematangsiantar

Untuk itu, sambungnya, tokoh agama diminta berperan menyampaikan pesan damai di tahun politik, tahun yang rawan terjadi ketegangan sosial dan konflk.

FKUB sebagai wadah tokoh lintas agama, juga memiliki peran sejak dini untuk berpartisipasi mewujudkan pesta demokrasi yang sukses dan terhindar konflik yang mengatasnamakan agama.

Baca juga: DPRD Pematangsiantar tinjau persiapan rumah sakit untuk penanganan virus Corona

Ketua FKUB Kota Pematangsiantar Drs HM Ali Lubis mengajak elemen masyarakat secara bersama-sama menjaga dan sekaligus memelihara nilai-nilai luhur kekerabatan dalam mensukseskan Pilkada serentak. 

Wali Kota berharap melalui sinergitas program kerja FKUB Kota Pematangsiantar dengan program kerja Pemerintah Kota dapat menciptakan suasana dan kondisi yang kondusif bagi seluruh masyarakat, khususnya dalam rangka pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

Wali Kota juga mengajak semua elemen masyarakat untuk mensukseskan Pilkada di Kota Pematangsiantar supaya berjalan baik, aman, dan lancar. 
 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020