Mantan Anggota DPR RI Baharuddin Aritonang yang juga merupakan putra Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) berasal dari Kota Padangsidimpuan, Senin, menginginkan pemuda di daerah itu harus dapat meningkatkan Poda Na Lima.

Pemuda di Tabagsel harus menanamkan Poda Na Lima seperti Paias Rohamu (Bersihkan Jiwamu), Paias Pamatangmu (Bersihkan Badanmu), Paias Parabitonmu (Bersihkan Pakaianmu),Paias Bagasmu (Bersihkan Rumahmu),Paias Pakaranganmu (Bersihkan Lingkunganmu).

"Itu harus menjadi acuan bagi kaum muda khususnya pemuda di Tabagsel. Ehh, pemuda bagaimana kamu mau jadi pengusaha dan tokoh pemuda jika falsafah Poda Na Lima tidak diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," kata mantan pimpinan BPK RI tersebut.

Baca juga: Wali Kota apresiasi pengungkapan jaringan narkoba di Padangsidimpuan

Ia mengatakan Poda Na Lima bagi kaum pemuda di era sekarang ini sudah luntur. Itu akan sangat miris jika beberapa tahun kedepan pemuda Tabagsel tidak tahu apa itu Poda Na Lima.

Baca juga: Tim gabungan gerebek sarang narkoba di Padangsidimpuan, tujuh tersangka ditangkap

"Ingat perantau kita yang dari Tabagsel itu selalu mengedepankan Poda Na Lima makanya banyak yang sukses dan berhasil, tidak perlu saya urai semuanya, bisa di lihat di internet, rekam jejak biografinya," katanya.

Sementara itu, tokoh muda Tabagsel M Iqbal Harahap, berharap dengan kehadiran Baharuddin Aritonang menjadi "vitamin" baru khususnya pemuda yang ada di Tabagsel dan Kota Padangsidimpuan.

Kedepan pemuda dari Tabagsel harus muncul dan menjadi tokoh nasional, dengan inovasi dan  inspiratif dalam memajukan daerahnya, karena pemuda sekarang ini harus berdaya saing tinggi.

"Poda Na Lima harus menjadi dasar bagian dari kita selalu orang Tabagsel, dimanapun berada termaksud di Kota Padangsidimpuan itu sendiri," ucapnya.

 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020