Kementerian PUPR berkomitmen mewujudkan pemukiman layak huni melalui program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) dan sebagai hasil dari capaian kegiatan ini, diresmikan Peresmian Pembangunan Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), bertempat di Kelurahan Kantin Kota Padangsidimpuan. 

Seperti yang disampaikan Askot Mandiri Program Kotaku Zulhan Taufik, Kamis, pada tahun 2019 lalu pemerintah pusat telah memberi kepercayaan kepada masyarakat Padangsidimpuan untuk menangani permasalahan pemukiman kumuh untuk 15 Desa Kelurahan melalui BKM/LKM. 

"Pembangunan yang melibatkan partisipasi masyarakat telah selesai dilaksanakan dan telah berkontribusi pada luasan pengurangan kumuh di Kota Padangsidimpuan," katanya.

Baca juga: Tahun 2020 program Kotaku bertambah 2 lokasi di Padangsidimpuan

Mengingat sifat pekerjaan dan skala pencapaian yang sangat kompleks diperlukan kolaborasi beberapa pihak antara lain pemerintah mulai dari tingkat pusat sampai dengan tingkat Kelurahan/Desa serta pihak swasta, masyarakat serta pihak terkait lainnya.

Baca juga: Wali Kota Padangsidimpuan resmikan program Kotaku di 15 titik

Hal yang sama diungkapkan oleh Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, bahwa keterlibatan beberapa pihak secara kolaboratif diharapkan memberikan berbagai dampak positif.

Antara lain dengan meningkatkan komitmen pemerintah dalam pencapaian kota layak huni meningkatkan rasa memiliki dan bertanggung jawab masyarakat dalam memanfaatkan dan memelihara hasil pembangunan menjamin keberlanjutan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat swasta terhadap pemerintah.

"Pada kesempatan kali ini kami atas nama Pemerintah Kota Padangsidimpuan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah memberikan bantuan melalui program Kotaku dan kepada para pihak yang telah turut mensukseskan pelaksanaan program Kotaku serta seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi,” katanya.

 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020