Anggota DPRD Mandailing Natal (Madina), Eveline Sago dari Fraksi Partai Hanura menegaskan, semua hak rakyat harus diperjuangkan dan tidak boleh disia-siakan.

"Pemerintah harus benar-benar membuat perencanaan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat agar program pembangunan itu bermanfaat bagi masyarakat secara merata," kata Eveline Sago SE usai pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sinunukan tahun 2020, Kamis (25/02).

Baca juga: KPU Madina tolak berkas bakal calon bupati Independen

Dalam kegiatan itu turut juga dihadiri Camat Sinunukan, H. Ridoan Lubis, Kapolsek AKP Safariono, Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution diwakili Staf Ahli Navrizal. Para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Madina, para Kepala Desa se Kecamatan Sinunukan.

Para kepala desa dan tokoh masyarakat di Kecamatan Sinunukan menyampaikan berbagai usulan pembangunan, tak sedikit juga yang menyampaikan keluhan.

Baca juga: Bupati Madina salurkan santunan jaminan kematian BP Jamsostek ke ahli waris

"Masukan dari desa dan kelurahan ini sangat penting sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Mandailing Natal  sebagai dasar Penyusunan Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah pada tahun berikutnya,” kata Eveline.

Eveline menyebutkan Musrenbang  adalah kegiatan rutin dalam upaya menyusun perencanaan  pembangunan melalui penjaringan aspirasi masyarakat dalam menentukan prioritas yang menjadi permasalahan di Desa dan Kelurahan Kecamatan Sinunukan.

Dan, para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayahnya yang didasarkan pada masukan dari desa. Karena, menjalankan program pembangunan itu harus didasari perencanaan yang baik, dan permasalahan yang ada bisa terjawab melalui Musrenbang, Sehingga objek dan tujuan pembangunan itu benar-benar terasa dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

“Masukan dari desa dan kelurahan ini sangat penting sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Mandailing Natal  sebagai dasar Penyusunan Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah pada tahun berikutnya,” kata Eveline

Sementara itu, mewakili Kepala Bappeda Madina, Wira mengatakan, tahun 2020 Kecamatan Sinunukan mendapat alokasi anggaran belanja langsung sebesar Rp 5 miliar yang terdiri dari beberapa item pekerjaan. Salah satunya adalah pembangunan dan peningkatan jalan Bukit Mas dengan anggaran sebesar Rp 3,4 miliar. Item pekerjaan itu alokasi anggaran terbesar mengingat pembangunan jalan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat Kecamatan Sinunukan.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020